PEMBELAJARAN PAUD DENGAN STRATEGI OUT DOOR

Susi Herlinda

Abstract


Strategi belajar OUT DOOR pada pembelajaran PAUD dapat membuat suasana belajar enjoi dan menyenangkan sehingga dapat membuat peserta didik bersemangat untuk belajar. Selain dari pada itu Strategi belajar OUT DOOR juga memperkenalkan alam secara natural dan sangat banyak menfaat yang dirasakan  peserta didik, kemudian dengan OUT DOOR akan ada manfaat dalam keseluruhan perkembangan aspek anak seperti aspek fisik, kognitif, bahasa, emosi dan aspek sosial. Strategi OUR DOOR juga dapat membuat anak berekplorasi dan  juga tantangan untuk kemampuan motorik kasar dan halus. Strategi belajar OUT DOOR harus memiliki tempat yang luas sehingga anak betul betul tertarik dan menyenangkan sesuai dengan tema tema  belajaryang dijelaskan pada anak sehingga anak  juga bisa termotivasi anak belajar.


Full Text:

PDF

References


Andang, Ismail. (2006). Education Games, Menjadi cerdas dan ceria dengan Permainan Edukatif. Penerbit Pilar Media. Jakarta.

Anggani Sudono, (2006 ), Sumber Belajar dan Alat Permainan Untuk Pendidikan Usia Dini. Jakarta : Grasindo

Arikunto, Suharsimi, ( 1992 ), Pengelolaan Kelas dan Siswa Sebuah Pendekatan Evaluatif. Kakarta: Rajawali

Carrol Ja, ( 1991 ), Centers For Early Learners Throughout the Year.

Cucu Eliyawati, (2005), Pemilihan dan Pengembangan Sumber Balajar untuk Anak Usia Dini, jakarta: depdiknas. Dirjen dikti.

Direktorat PAUD, Dijen PLS ( 2006 ). Pedoman teknis penyelenggaraan TPA. Jakarta: Depdiknas.

Ibrahim, R & Syaodih. ( 2003 ). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rieneka.

Mariyana, Rita, dkk, ( 2010 ) Strategi pengelolaan Lingkungan belajar. Jakarta: departemen Pendidikan Nasional direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Pepen Supendi Dkk ( 2007 ). Permainan Games yang menyenangkan di Indoor dan Outdoor, penerbit Swadaya Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v1i1.5526

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id