KEPUASAN ORANG TUA TERHADAP LAYANAN PENDIDIKAN LEMBAGA PAUD DI TK QURROTA AYUN PEKANBARU

Musnar Indra Daulay

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui: 1) kepuasan orang tua siswa terhadap pendidik di TK Qurrota Ayun Pekanbaru; 2) kepuasan orang tua siswa terhadap sarana, prasarana dan pengelolalaan di TK Qurrota Ayun Pekanbaru; 3) kepuasan orang tua  siswa terhadap standar isi,  proses dan penilaian di TK Qurrota Ayun; 4) kepuasan orang tua siswa terhadap tingkat pencapaian perkembangan di TK Qurrota Ayun Pekanbaru. Populasi penelitian ini adalah seluruh orang tua siswa di TK Qurrota Ayun sebanyak 138. Sampel diambil berdasarkan rumus Isaac and Michael dengan sampling error 5% sehingga didapatkan sampel sejumlah 100 orang. Teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan professional judgement, kemudian dilanjutkan dengan rumus Korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan univariate analysis of the  satisfaction  atributes. Penelitian ini menunjukan bahwa: 1) kepuasan orang tua terhadap pendidik perolehan skor tertinggi pada aspek cara guru menyambut kedatangan anak dan mendampingi saat penjemputan, dan skor terendah pada aspek cara guru berkomunikasi dengan orang tua tentang perkembangan anak,  masing-masing yaitu 3,44 dan 2,98. 2) kepuasan orang tua terhadap sarana, prasarana dan pengelolaan untuk perolehan skor tertinggi pada aspek cara sekolah melibatkan orang tua dalam program sekolah, skor terendah dicapai ada aspek kesesuaian penataan ruang kelas dengan kebutuhan anak. Masing-masing yaitu 3,13 dan 2,6. 3) kepuasan orang tua terhadap standar isi, proses dan penilaian perolehan skor tertinggi  pada aspek kesesuaian variasi kegiatan ekstrakurikuler dengan minat anak. Skor terendah pada aspek cara sekolah menampilkan dokumentasi kegiatan sekolah, masing-masing yaitu 3,17 dan 2,77. 4) kepuasan orang tua  terhadap tingkat pencapaian perkembangan perolehan skor tertinggi pada aspek penambahan kemampuan anak untuk beradaptasi dengan teman, membantu teman dan berbagi. Skor terendah pada aspek cara sekolah dalam memantau kesehatan pertumbuhan fisik anak, masing-masing yaitu 3,11 dan 2,9.


Full Text:

PDF

References


Agus Prianto. 2011. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Orang Tua terhadap Layanan Pendidikan di Sekolah (Studi pada Sekolah Unggulan di Kabupaten Jombang. Jurnal Aplikasi Manajemen Volume 9 Nomer 3 Halaman 1062.

Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Konsep Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan.

Diana Mutiah. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Didin Kurniadin & Imam Machali. 2012. Manajemen Pendidikan Konsep & Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruz

Engkoswara & Aan Komariah. 2010. Adminitrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Frida Kusumastuti. 2002. Dasar-Dasar Humas. Jakarta : Ghalia Indonesia

Hadari Nawawi. 2005. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah MadaUniversity Press.

Hesti Dwi Saptaningtyas. 2008. Kajian Kesesuaian antara Permintaan dan Penyediaan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Jalur Non Formal di Kecamatan Jebres Kota Surakarta. Tesis.Universitas Diponegoro.

Kotler. 2009. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat, Pearson Education Asia Pte. LTD, Prentice Hall, Inc.

Laura Funa. 2006. Customer Satisfaction Analysis. New York: In Country A. Made Pidarta. 2011. Manajemen Pendidikan Indonesia. jakarta : Rineka Cipta

Martinus Yamin dan Jamilah Sabri Sanan. 2013. Panduan PAUD Pendidikan Anak Usia Dini. Ciputat: Gaung Persada Press Group.

Masito dkk. 2005. Pendekatan Belajar Aktif di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Mukminin. 2009. Manajemen Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini. Semarang: UNNES Press.

Muliawan. 2009.Manajemen Play Group dan Taman Kanak-Kanak. Yogyakarta: Diva Press.

Ngalim Purwanto. 1998. Administrasi dan Suoervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Oktavika Dwi Saputri. 2013. Pengaruh Kualitas Layanan Pendidikan Lembaga PAUD terhadap Tingkat Kepuasan Orang Tua di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (PP RI) No 19 Tahun 2005, standar nasional pendidikan.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

Permen No 58 Tahun 2009, pendidikan anak usia dini.

Ramli. 2005. Pendampingan perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Rangkuti. 2006. Measuring Customer Satisfaction(cetakan ketiga). Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Rosadi Ruslan. 2012. Manajemen Public Relation dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Rosmala Dewi. 2005. Berbagai Masalah Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Saifuddin Azwar. 2013. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slamet Lestari. 2012. Modul Praktik Analisis Data Manajemen Pendidikan Dengan SPSS 17.0. Administrasi Pendidikan. FIP UNY. Sugiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Supranto. 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suryosubroto. 2004. Manejemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka. Cipta

Sutojo. 2003. Penataan Ruang Dalam Pengembangan Kota Baru.Jakarta: BPPT

Tedjawati, dkk. 2010. Pengembangan Model Pendidikan Anak Usia Dini Percontohan. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan.

Tjiptono. 2006. Prinsip Prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: Andi.

Tulus Winarsunu. 2006. Statistik Dalam Penelitian Psikologi Dan Pendidikan. Malang: Umm Press.

Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Penjelasannya. Yogyakarta: Media Wacana.

Widhiarsa. 2011. Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Hotel. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Wina Sanjaya. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v1i1.5520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id