MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN ANAK MELALUI BERBAGAI METODE DENGAN KEGIATAN YANG BERVARIASI PADA KELOMPOK B RA AL-FITYAH PEKANBARU

Ayu May Fitra Sari

Abstract


Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan kemampuan keaksaraan pada anak kelompok B melalui berbagai metode dengan kegiatan yang bervariasi di RA AL-FITYAH Pekanbaru.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan berbagai metode dengan kegiatan yang bervariasi dalam meningkatkan kemampuan keaksaraan pada anak kelompok B di RA AL-FITYAH Pekanbaru.Analisis yang dilakukan dengan menggunakan metode deskripti analisis yaitu metode analisa data dengan subyek 16 orang anak kelompok B RA AL-FITYAH Pekanbaru. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa berbagai metode dengan kegiatan yang bervariasi dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan pada anak didik kelompok B RA AL-FITYAH Pekanbaru dikatakan berhasil dibuktikan dengan perolehan seluruh subjek penelitian berjumlah 16 orang anak pada siklus II telah mengalami peningkatan pencapaian sebesar 81%. Peningkatan keaksaaan pada anak dalam siklus II mampu menguasai indikator dapat menyebutkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkannya dan mampu membaca beberapa kata berdasarkan gambar.


Full Text:

PDF

References


Andayani, dkk. (2007). Pemantapan Kemampuan Profesional (PDGK4501). Jakarta: Universitas Terbuka.

Anggoro, Toha, dkk. (2015). Metode Penelitian (IDIK4007). Jakarta: Universitas Terbuka.

Depdiknas. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang, Depdiknas.

Dhieni, Nurdiana, dkk. (2006). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Gunarti, Winda, dkk. (2015). Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini (PAUD4401). Jakarta: Universitas Terbuka.

Kurnia, Rita. (2009). Metodologi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Pekanbaru: Cendikia Insani

Mulyati, Yeti, dkk. (2013). Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (1977). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Sustiari, Lilik. (2014). Srikpsi. Peningkatan Kemampuan Keaksaraan Anak Melalui Teka-teki Bergambar di RA Muslimat NU Pasuruhan 1 Mertoyudan Magelang. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Whardani, IGAK. & Wihardit, K. (2013). Penelitian Tindakan Kelas (IDIK4008). Jakarta: Universitas Terbuka.

Wilson. 2009. Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Pekanbaru: FKIP UNRI.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v1i1.5490

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id