MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN ANAK MELALUI BERBAGAI METODE DENGAN KEGIATAN YANG BERVARIASI PADA KELOMPOK B RA AL-FITYAH PEKANBARU
Abstract
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan kemampuan keaksaraan pada anak kelompok B melalui berbagai metode dengan kegiatan yang bervariasi di RA AL-FITYAH Pekanbaru.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan berbagai metode dengan kegiatan yang bervariasi dalam meningkatkan kemampuan keaksaraan pada anak kelompok B di RA AL-FITYAH Pekanbaru.Analisis yang dilakukan dengan menggunakan metode deskripti analisis yaitu metode analisa data dengan subyek 16 orang anak kelompok B RA AL-FITYAH Pekanbaru. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa berbagai metode dengan kegiatan yang bervariasi dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan pada anak didik kelompok B RA AL-FITYAH Pekanbaru dikatakan berhasil dibuktikan dengan perolehan seluruh subjek penelitian berjumlah 16 orang anak pada siklus II telah mengalami peningkatan pencapaian sebesar 81%. Peningkatan keaksaaan pada anak dalam siklus II mampu menguasai indikator dapat menyebutkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkannya dan mampu membaca beberapa kata berdasarkan gambar.
References
Andayani, dkk. (2007). Pemantapan Kemampuan Profesional (PDGK4501). Jakarta: Universitas Terbuka.
Anggoro, Toha, dkk. (2015). Metode Penelitian (IDIK4007). Jakarta: Universitas Terbuka.
Depdiknas. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang, Depdiknas.
Dhieni, Nurdiana, dkk. (2006). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Gunarti, Winda, dkk. (2015). Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini (PAUD4401). Jakarta: Universitas Terbuka.
Kurnia, Rita. (2009). Metodologi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Pekanbaru: Cendikia Insani
Mulyati, Yeti, dkk. (2013). Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (1977). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Sustiari, Lilik. (2014). Srikpsi. Peningkatan Kemampuan Keaksaraan Anak Melalui Teka-teki Bergambar di RA Muslimat NU Pasuruhan 1 Mertoyudan Magelang. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Whardani, IGAK. & Wihardit, K. (2013). Penelitian Tindakan Kelas (IDIK4008). Jakarta: Universitas Terbuka.
Wilson. 2009. Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Pekanbaru: FKIP UNRI.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v1i1.5490
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.