Media Aplikasi Paint terhadap Kemampuan Matematika Awal Anak Usia Dini

Eti Nurhayati, Jazariyah Jazariyah, Siti Ellawati

Abstract


Latar belakang penelitian ini disebabkan oleh minimnya penggunaan media atau alat peraga edukatif untuk kegiatan belajar mengajar, sehingga pada penyampaian materi kurang tersampaikan dengan baik terutama pada pembelajaran Matematika awal. Guru sebagai pendidik yang mengajarkan matematika pada anak usia dini membutuhkan media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Pemilihan media dapat mempengaruhi kegiatan pembelajaran, dimana media dapat memudahkan dalam penyampaian materi salah satunya dengan menggunakan media aplikasi paint. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre-test and Post-test Group. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sampel yang digunakan yaitu anak kelompok B PAUD Al-Wahid Losari Cirebon. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas data, uji homogenitas, uji t, uji validitas, dan uji reliabilitas. Hasil penelitian ini menyimpulkan: (1) Penerapan media aplikasi paint pada anak di di PAUD Al-Wahid Losari Cirebon dengan mengenalkan warna, bentuk geometri, dan angka menggunakan laptop dan bantuan mouse. Penerapan media komputer aplikasi paint  tidak dalam bentuk kelompok, melainkan perorangan atau individual (2) Kemampuan matematika awal anak kelompok B setelah menggunakan media aplikasi paint berdasarkan hasil rata-rata nilai prosentase sebesar 76,33%. Hal ini menunjukan bahwa respon anak-anak setelah menggunakan media aplikasi paint termasuk ke dalam kriteria sangat baik karena nilai 76 berada pada interval 51-75%.  (3) Pengaruh media aplikasi paint terhadap kemampuan matematika awal pada anak kelompok B berdasarkan hasil analisis data dikatakan bahwa penggunaan media aplikasi paint berpengaruh sebesar 70,80  dilihat dari hasil uji t Paired Samples sebesar 70,80 dan pada uji  Paired Samples Test nilai signifikan sebesar 0,000. Karena nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 dan thitung (5,624) lebih besar dari ttabel (2,262) maka H0 ditolak dan H1 diterima. artinya terdapat peningkatan kemampuan Matematika awal pada anak usia dini kelompok B di PAUD Al-Wahid Losari Cirebon, setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan media aplikasi paint

Full Text:

PDF

References


Ayu Luhanarky, Maulidya Ulfah, & S. (2019). Dalam Pembelajaran Matematika. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 5(no 2), 1–7.

Ifada Novikasari. (2016). Matematika Dalam Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pendidikan Anak Bunayya, 2(1), 1–20. https://www.academia.edu/download/50451863/Matematika_di_PAUD.pdf

Komariyah I. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Teras.

Marisa, D. S. (2016). Kompetensi Guru Dalam Pemanfaatan Komputer Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Anak Usia Dini. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (Ting) Viii, November, 455–466.

Nurfaizah, H. S. M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak dengan Pembelajaran Menggambar Menggunakan Program Paint Pada Anak Kelompok A Di TK Negeri Pembina Semarang. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-Sece), 1 (1), 13. https://doi.org/10.31331//sece.v1i1.582

Parwoto. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Collaborative Problem Based Learning (Cpbl) Terhadap Kreativitas Anak Dalam Bermain Komputer. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 97–116. https://doi.org/10.21009/jpud.111.07

Pratiwi Asdani Mutia. (2019). Pembelajaran Komputer Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Telkom Padang. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2 (1), 1–12.

Saripudin, A. (2017). Strategi Pengembangan Kecerdasan Naturalistik Pada Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 3 (1).

Setiyo Utoyo. (2017). Metode Pengembangan Matematika Anak Usia Dini. Ideas Publishing.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian. PT Roneka Cipta.

Surya Dharma. (2008). Pendekatan, Jenis dan Metode Penelitian Pendidikan. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Kementerian Pendidikan Nasioanl.

Suyadi & Maulidya Ulfah. (2017). Konsep Dasar PAUD. PT Remaja Rosdakarya Offset.

Ulfah, M., Nurhayati, E., & Abyati, H. (2019). Pengembangan Media Box of Number Berbasis Tematik untuk Pembelajaran Matematika Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 151–168. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2019.52-03

Widiawati, W. W., Karim, M. B., & Mayangsari, D. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer Aplikasi Paint Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 22 Balongpanggang. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 10–24. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i1.3845

Wiwit Widiawati, Dewi Mayangsari, M. B. K. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Komputer Aplikasi Paint Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Balongpanggang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 53 (9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v5i1.14319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.