Pengembangan Media Smart Board Dalam Meningkatkan Kemampuan Berwudhu Pada Anak Usia 5-6 Tahun

iradathia iradathia, Rita Kurnia, Nurlita Nurlita

Abstract


ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media smart board serta (2) mengetahui kelayakan dari media smart board dalam rangka meningkatkan kemampuan berwudhu pada anak usia 5-6 tahun di Kelurahan Pulau Karomah Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru. Penelitian ini mengadopsi model penelitian pengembangan (R&D) dari  Borg dan Gall. Observasi, wawancara, angket dan dokumentasi menjadi teknik dalam pengumpulan data. Instrumen yang  digunakan yaitu lembar validasi yang diisi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli pendidik. Guna mengetahui keefektifan dari media smart board  yang dikembangkan  maka, dilakukan uji coba terbatas terhadap 6 orang anak usia 5-6 tahun. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik  deskriptif kuantitatif. Media smart board dinyatakan layak untuk meningkatkan kemampuan berwduhu anak usia 5-6 tahun dengan perolehan rata-rata skor keseluruhan sebesar 3,8 kategori “Sangat Baik”.

 

Kata Kunci: Media Smart Board, kemampuan berwudhu, dan anak usia dini


Full Text:

PDF

References


Afif, Muhammad dan Uswatun Hasanah. 2018. Urgensi Wudhu dan Relevansinya Bagi

Kesehatan (Kajian Ma’anil Hadist) Dalam Perspektif Imam Musbikin. Riwayah: Jurnal

Studi Hadist. 3 (2) 215-230.

Afiyah, Melwany May Pratama, Rizky Nurhasanah dan Ida Windi Wahyuni. 2019. Evaluasi

Pengenalan Tata Cara Berwudhu Dalam Pengembangan Agama Islam Melalui Media

Bergambar Pada Kelompok B Di RA Asiah Kota Pekanbaru. Generasi Emas Jurnal

Pendidikan Islam Anak Usia Dini. 2 (1). 73-83.

Cania, Sukma, Ria Novianti, Daviq Chairilsyah. 2020. Pengaruh Media Glowing City terhadap

Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri pada Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early

Childhood. 3 (1): 53-60.

Eka Saputri, Novi. Ria Novianti. Febrialismanto. 2021. Pengembangan Media Puzzle Shalat

Edukatif dalam Meningkatkan Kemampuan Ibadah Shalat Anak Usia 5-6 Tahun. Journal Of

Education Research. 2(1). 27- 36.

Ihsan Dacholfany, Muhammad dan Uswatun Hasanah. 2018. Pendidikan Anak Usia Dini Menurut

Konsep Islam. Jakarta: Amzah.

Guslinda dan Rita Kurnia. 2018. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: Jakad Publishing.

Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 2763. 2019. Petunjuk Teknis Pengembangan Pembelajaran

Agama Islam Di Raudhatul Athfal. Kementerian Agama: Indonesia.

Khadijah. 2016. Pengembangan Keagamaan Anak Usia Dini. Raudhah. IV (1). 33-48

Kurnia, Rita. 2017. Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6

Tahun di TK Labor FKIP Universitas Riau. EDUCHILD. 6(2). 91-99.

Nurani Sujino, Yuliani. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indek.

Permendikbud Nomor 137. 2014. Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak: Indonesia

Putri Syafira, Sarah. Hukmi. Ria Novianti. 2021. Pengembangan Media Koper Perilaku (Koperku)

untuk Mengenalkan Perilaku Disiplin Anak Usia 4 -5 Tahun Journal Of Education Research.

(1): 37-43.

Putri Cahyani, Rizka. Ahmad Samawi dan Rosyidamayani Twinsari Maningtya. 2020.

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Pop Up Book Audiovisual Tentang Tata

Cara Berwudhu untuk Anak Tk Kelompok B . Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia

Dini. 11 (2). 117-122.

Rosvika, Nova. 2021. Pengembangan Media Sudoku Mini Bagi Kemampuan Mengenal Angka (1-5) Anak

Usia 4-5 Tahun Di Tk Darussalamah Petapahan Jaya Kabupaten Kampar. Skripsi. Pendidikan

Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Riau.

Saputra. Budiyono. 2017. Manajemen Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Aswaja Persindo.

Satibi Hidayat, Otib. 2014. Metode Pengembangan Moral Dan Nilai Agama. Tangggerang

Selatan: Universitas Terbuka. Dalam http://www.pustaka.ut.ac.id/lib/paud4102-metode- pengembangan-moral-dan- nilai-nilai-agama/, diakses 06 Mei 2020.

Sundayana, Rostina. 2015. Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung:

Alfabeta CV.

Supriyanto, Didik. 2015. Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak dan Pendidikan

Keagamaan Orang Tua. 3 (1). 86-105.

Suyadi dan Maulidya Ulfah.2015. Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syarofah, Siti. M. Syukri dan Fadilah. 2016. Peningkatan Kemamupuan Berwudhu Melalui

Metode Demonstrasi Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Khodijah 2 Beloyang. 5 (2). 1-15.

Widi Astuti. Ayu, Rizky Drupadi dan Ulwan Syafrudin. 2021. Hubungan Penggunaan Media

Kartu Huruf dengan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun.

KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education. 4 (1): 73-81.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v5i1.14134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.