Pepsepsi Ibu Terhadap Perilaku Ssibling Rivalry Pada Anak Usia Dini

Raihana Raihana, Alucyana Alucyana, Dian Tri Utami

Abstract


Sibling rivalry dimaknai sebagai persaingan antar saudara kandung yang merupakan suatu ketegangan yang terjadi diantara kakak dan adik. Dalam sibling rivalry v ada kompetisi antara saudara kandung untuk mendapatkan cinta kasih, afeksi dan perhatian dari salah satu atau kedua orangtuanya. Tujuan penelitian ini dilaksanakan adalah untuk melihat bagaimana persepsi ibu, strategi yang dilakukan ibu dan komunikasi yang digunakan ibu dengan anak ketika perilaku sibling rivalry itu muncul. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan informan berjumlah 4 orang yang merupakan ibu-ibu di Perumahan Permata Bening Tahap 7, dan memiliki anak usia 3-7 tahun dengan jarak kelahiran 1-3 tahun. Hasil pada penelitian ini menemukan bahwa persepsi ibu terhadap perilaku sibling rivalry yang muncul masih rendah, hal ini terkait dengan tingkat pengetahuan ibu-ibu terhadap infomasi tentang sibling rivalry juga sedikit. Kemudian strategi yang dilakukan ibu terhadap perilaku sibling rivalry yang muncul pada anak beragam serta komunikasi yang dilakukan ketika anak mengalami perilaku sibling rivalry menggunakan komunikasi verbal dan non verbal.

 


Full Text:

PDF

References


Andriyani, S., & Dadang, D. 2018. Pengetahuan Ibu Tentang Sibling Rivalry pada Anak Usia 5-11 tahun di Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 4(2).

Deviastuti, E. 2019. Implementasi Model Bercerita Dalam Mengembangkan Nilai Agama Moral Anak Usia 5-6 Tahun Di TK IT Salsabila Nogosari Tahun Pelajaran 2018/2019. Surakarta: Skripsi. Institut Agama Islam Surakarta.

Khasanah, T. 2012. Pengaruh Kesiapan Perilaku Orang Tua dalam Menghadapi Sibling Rivalry (cemburu) pada Anak Usia Dini di Desa Harjowinangun Barat Kecamatan Tersono Kabupaten Batang. Journal of Non Formal Education and Community Empowerment,, 1(2): 1-7.

Lusa. 2010. Sibling Rivalry. pp. http://www.lusa.web.id/sibling-rivalry/.

Malik, O. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Matindas, C., Kusumiati, ,. R., & Murti, ,. H. (2014). Hubungan Komunikasi Interpersonal Antara orang tua dan Anak dengan Sibling Rivalry Pada Usia Pertengahan. Salatiga: Skripsi. Universitas Satya Wacana.

Mustaan. 2009. Persepsi Terhadap Sibling Rivalry Pada Orang Tua Siswa Kelas IV – VI di Sekolah Dasar Negeri Serangan Ngampilan Yogyakarta Tahun 2009. Yogyakarta: Skripsi. STIKES Aisyiah Yogyakarta.

Pangesti, A. R. 2019. Intervensi Awal Orang Tua pada Sibling Rivalry Anak Usia Dini Di Semarang. Universitas Negeri Semarang: Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan.

Priatna, C., & Yulia, A. 2006. Mengatasi Persaingan Saudara Kandung Pada Anak- Anak. Jakarta: Alex Media Komputindo.

Reni , Hadi, I., & Yoanita, D. 2021. Komunikasi Orang Tua dan Anak dalam Menghadapi Sibling Rivalry. Jurnal E-Komunikasi. Universitas Kristen Petra Indonesia.

Saputri, I. K., & Sugiariyanti. 2016. Hubungan Sibling Rivalry Dengan Regulasi Emos Pada Masa Kanak Akhir. Jurnal Ilmu Psikologi, 8 (2).

Sevira. 2016. Hubungan Antara Sibling Relationship Dengan Motivasi Intrinsik Pada Anak-Anak Usia 11 Tahun. Fakultas Psikologi.

Sudilarsih, F. 2009. Buku Pintar Dunia Batita. Yogyakarta: Gerailmu.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Yuliati. 2007. Hubungan Tingkat Pengetahuan IbuDengan Reaksi Sibling Rivalry Pada Anak Usia Prasekolah di TK Mranggen I Srumbung Magelang. Semarang: Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Yusuf, S. 2012. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT. Remaja Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v5i1.14103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.