Pengembangan Media Jari Pintar (JAPIN) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun

Nur Nurlidiah, husnul Husnul Bahri, Fatrica Fatrica Syafri

Abstract


Kurangnya variasi media yang mendukung proses belajar anak sesuai dengan karakteristik anak dalam perkembangan kognitif terkait kemampuan berhitung pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media jari pintar (JAPIN) yang sesuai dengan karakteristik kelompok B TK Islam integral DARUL FIKRI kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Namun karena peneliti menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada, maka peneliti menggunakan uji coba produk skala kecil dengan diujicobakan kepada 8 orang anak.di TK Islam integral DARUL FIKRI kota Bengkulu dengan memperoleh hasil lembar kegiatan pre- test 44.92%, sedangkan lembar kegiatan post-test 85,15%. Dengan demikian terjadi peningkatan sebesar 44,23%, sehingga dapat dikatakan produk yang dikembangkan berupa media jari pintar (JAPIN) untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun di TK Islam Integral DARUL FIKRI kota Bengkulu layak untuk digunakan. 

 

Kata Kunci : Media Jari Pintar (JAPIN), Kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun .


Full Text:

PDF

References


Ariyanti, Tatik. 2016, Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development, dalam Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar. 8(1), 50-58

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Due, Germana. Dkk. 2019, Pengembangan Media Pembelajaran Apron Hitung Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak, dalam Al-Athfaal Jurnal ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini. 2(2), 14-31

Farirah, Himmatul. 2017. Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Stick Angka, dalam Jurnal Teladan. 2(1), 7-11

Guslinda, dkk. 2018. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: Jakad Publishing.

Hamzah, Amir. 2019. Metode Penelitian &Pengembangan. Malang: Literasi Nusantara.

Ibnu, Badar. 2013. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Kencana.

Kak Nur. 2017. Jari Pintarku Penjumlahan dan Pengurangan. Tangerang Selatan: Sahabat Anak.

Khadijah. 2015. Media Pembelajaran Anak usia Dini. Medan: IKAPI.

Khadijah. 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: IKAPI.

Komandoko, Gamal. 2009. Jari-jari Hitung. Yogyakarta: Citra Pustaka.

Mirantika, Virda. 2020. Permainan PAPINKA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun. dalam Al-Fitrah: Journal Of Early Childhood Education. 3(2), 186-189

Muslimin, zidni Immawan, dkk. 2015. Efektivitas Alat Permainan Edukatif (APE) Berbasis Media Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Kelas 2 Di SDN. 2 Wonotirto Bulu Temanggung. dalam Jurnal Psikologi Tabularasa. 10(1), 58-69

Oktriyani, Nova. 2017. Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak usia Dini Melalui Permainan Lingkaran Angka Di Taman Kanak-Kanak Qatrinnada Kecamatan Koto Tangah Padang. dalam Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 1(1), 82-96

Pribadi, Benny. 2014. Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. Jakarta: Kencana.

Tim Kreatif Pranata Media. 2012. Jarimatika Menghitung Cepat Dengan Jari. Banjarnegara: Prenata Media.

Sriningsih, Nining. 2009. Pembelajaran Matematika Terpadu Anak Usia Dini. Bandung: Pustaka Sebelas.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sungatmi. 2010. Jarimatika Berhitung Dengan Jari. Surakarta: Yuma Pustaka.

Suyanto, Slamet. 2005. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Suyadi. 2014. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neurosains. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suyadi, dkk. 2015. Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sundayana, Rostina. 2013. Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, dan penelitian pengembangan). Bandung: Alfabeta.

Wulandari, Septi Peni. 2008. Jarimatika. Margosari: Yayasan Jarimatika Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v5i1.14102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.