Tanggung Jawab Orang Tua terhadap Anak Usia Dini dalam Tunjuk Ajar Melayu Karya Tenas Efendy

Indra Bangsawan, Ridwan Ridwan, Yulia Oktarina

Abstract


ABSTRAK. Orangtua sebagai pendidik pertama di rumah tangga. Peran orang tua dalam mendidik anak sangatlah penting guna menciptakan lingkungan pendidikan yang baik, karena sejak lahir anak secara langsung mendapatkan stimulasi pendidikan dari orang tuanya dari alam kandungan hingga anak tersebut beranjak menjadi dewasa dan mandiri, maka tanggung jawab orang tua menjadi tolak ukur paling besar dalam memberikan layanan pendidikan pada anak usia dini. Harapannya, agar anak dapat menjadi insan mulia di masa depannya dan menjadi bermanfaat bagi manusia. Tujuan penelitian ini yaitu menjelaskan bahwa tunjuk ajar Melayu dapat memberikan bimbingan kepada setiap orangtua dalam mendidik anak sesuai tuntunan fitarahnya manusiawi dan agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriftif. Hasil penelitian menunjukan peran orangtua mendidik anak usia dini dalam tunjuk ajar Melayu mengandung nilai yang sarat dengan moral, spritual, dan sosial yang berguna bagi perkembangan anak usia dini dan masa depan. Tunjuk ajar Melayu dirancang untuk membimbing dan membina anak di masa modern seperti saat ini sehingga dapat memberikan petunjuk yang baik bagi para orangtua agar anak menjadi insan yang baik yang berkepribadian integral.

Kata Kunci: tanggungjawab orangtua, tunjuk ajar Melayu

ABSTRACT.The role of parents in educating children is very important in order to create a good educational environment for children, because from birth the child directly gets educational stimulation from his parents from the womb until the child grows into an adult and independent. Parents as the firs educators in the household, then parent's responsibility towards early-aged children in the edition of teaching with efendy tenas works. The responsibility of parents is the biggest measure in providing educational services for early childhood. The hope is that children can become noble beings in the future. The purpose of this research is to explain that Malay teaching pointers can provide guidance to every parent in educating their children according to the guidance of humane and Islamic religion. This study uses descriptive qualitative methods. The results showed that the role of parents in educating early childhood in Malay teaching point contains moral, spiritual, and social values that are useful for early childhood development. Malay teaching pointers are designed to guide and foster children in modern times like today so that they can provide good instructions for parents so that children become good human beings in the future.

Keyword: parental responsibility, point to teach Malay.


Full Text:

PDF

References


Dadan Suryana, Nenny Mahyudin. 2014. Dasar-Dasar Pendidikan TK. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Devianti, Rika, dkk. 2020. “Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini.” Jurnal Mitra Ash-Shibyan 03(02):67–78.

Diana Mutiah, 2015. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group.

Effendy, Tenas. 2004. Tunjuk Ajar dalam Pantun Melayu. Yogyakarta: Balai Kajian dan Pengembangan Budaya Melayu.

Mansur, 2014. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Martinis, 2013. Panduan PAUD. Jakarta: Gaung Persada Press Group.

Mirzaqon, A. 2018. Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Expressive Writing Library. Jurnal BK UNESA, 1, 1–8.

Nata, Abuddin. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Media Prenada Grup.

Rahayu, Sri, And Albert. 2019. “Nilai-Nilai Budaya dalam Gurindam Tunjuk Ajar Melayu Karya Tenas Effendy.” 7:92.

Rakhmawati, Istina. 2015. “Peran Keluarga dalam Pengasuhan Anak.” Konseling Religi: Jurnal Bimbingan Konseling Islam 6(1):1–18.

Ramli, Efni. N.D. 2017. Tunjuk Ajar Melayu Riau.” Jurnal Pendidikan 196–208.

Sabakti, Sri. 2019. “Konsep Pendidikan Karakter dalam Buku Pandangan Orang Melayu Terhadap Anak Karya Tenas Effendy (Concept Of Character Building In The Book Pandangan Orang Melayu terhadap Anak By Tenas Effendy).” Widyaparwa 46(2):189–204.

Santika, Tika, 2018. Peran Keluarga, Guru dan Masyarakat dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Unsika 6 (November):77–86.

Satya Yoga, Dyah, Ni Wayan Suarmini, And Suto Prabowo. 2015. “Peran Keluarga Sangat Penting Dalam Pendidikan Mental, Karakter Anak Serta Budi Pekerti Anak.” Jurnal Sosial Humaniora 8(1):46.

Setiadi Susilo, 2016. Pedoman Penyelenggaraan PAUD. Jakarta: Penerbit Media Pustaka.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wenny Hulukati, 2015. “Peran Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Anak. Musawa”, 7:265–82.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.13284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.