KEGIATAN FINGER PAINTING DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI

Maya Mulianda Sari, Sariah Sariah, Heldanita Heldanita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan finger painting dalam mengembangkan motorik halus anak usia dini. Kegiatan finger painting merupakn salah satu kegiatan yang dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak.  Pertayaan yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah kegiatan finger painting dalam mengembangkan motorik halus anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian literatur dengan mengambil objek penelitian dari buku-buku yang memperkuat teori bahwa kegiatan finger painting dapat mengembangkan motorik halus sehingga tujuan dari pembelajran mampu tercapai. Pengkajiannya yang bersumber dari buku-buku, jurnal, skripsi dan internet. Untuk memperoleh data dengan topik permasalahan tersebut penulis menggunakan penelitian studi kepustakaan (library research), yaitu suatu jenis penelitian yang pengkajiannya secara objektif, dan sumber datanya adalah buku-buku (literatur-literatur) seperti yang lazim digunakan dalam penelitian yang pengumpulan datanya melalui kajian kepustakaan. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu komponensial, tema kultural dan content analysis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa alasan dipilihnya kegiatan finger painting sebagai bahan yang efektif dan efisien dalam pengajaran, khususnya untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak adalah sebagai berikut : (1) Finger painting dapat melatih motorik halus pada anak yang melibatkan otot-otot kecil dan kematangan syaraf, (2) Mengenal konsep warna primer (merah, kuning dan biru) dari warna warna yang terang kita dapat mengetahui kondisi emosional anak, kegembiraan dan kondisi-kondisi emosi mereka, (3) Mengenalkan konsep pencampuran warna primer, sehingga menjadi warna yang sekunder dan tersier, (4) Anak akan belajar kosakata baru, (5) Melatih imajinasi dan kreativitas anak, (6) Waktu berkualitas dan menyenangkan selama kegiatan berlangsung, (7) Melatih kemampuan panca indera anak, seperti sentuhan, penglihatan, penciuman dan rasa, (8) Mengembangkan koordinasi tangan dan mata, (9) Mengandalkan estetika keindahan warna, (10) Mengekspresikan perasaan anak melalui lukisan. Setiap anak mampu mencapai tahap perkembangan motorik halus yang optimal asal mendapatkan stimulasi tepat. Disetiap fase anak membutuhkan rangsangan untuk mengembangkan kemampuan mental dan motorik halusnya.

 

Kata Kunci :  Anak Usia Dini, Finger Painting, Motorik Halus


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Adriani, Rya Firda. 2019. Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Finger Painting Pada Anak Kelompok B di TK Al-Akbar Rajabasa Bandar Lampung. Skripsi. Lampung : Universitas Negeri Raden Intan Lampung.

Anggraeni Suriantoso, Fransisca Dkk. 2016. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Permainan Playdough Pada Anak Kelompok Bermain di PAUD Tegaljaya”. Vol. 1. No. 1.

Anies Listyowati, Sugiyanto. Finger Painting, Jakarta : Erlangga for Kids.

Astria, Nina Dkk. 2015. Penerapan Metode Bermain Melalui Kegiatan Finger Painting Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus. Vol. 3. No.1.

Gede Wiratni, Ni luh Dkk. 2016. Penerapan Kegiatan Finger Painting Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Kelompok B2 TK Dharma Praja Denpasar. Vol. 4. No. 2.

H. Abarau. 2017. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Menempel Di Kelompok Bermain”. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Terapan. Vol. 01. No. 02.

Hasni, Afifah. 2017. Keterampilan Motorik Halus Dalam Kegiatan Mewarnai Anak Kelompok B Di TK Aisyiyah Segugus Madania Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukaharjo”. Jurnal Pedidikan Anak Usia Dini Edisi 6 Tahun ke-6.

Hartono. 2013. Konsep Belajar Dan Pembelajaran Menurut QS.An-Nahl : 78, Vol. 18. No.2.

Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga.

Indraswari, Lolita. 2018. Jurnal Pesona PAUD Vol.1. No.1.

Kurnia, Tri. 2005. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia dengan Ejaan yang Disempurnakan. Jakarta : Eska Media Press.

Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta : Rineka Cipta.

Pekerti, Widia. Metode Pengembangan Seni. Jakarta : Universitas Terbuka.

Ria Mayasari, Kiki. 2014. Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Melipat Kertas Pada Kelompok B4 Di TK Masjid Syuhada Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Setia Endayanti, Ika. 2015. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Meronce Pada Anak Kelompok Bermain Masjid Syuhada. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Sri, Kadek Dkk. 2018. Finger Painting Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Kelompok B2 Di Tk Ganesha. e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 6. No. 3.

Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Bumi Aksara.

Suwarno, Sri Utami. E-Jurnal. Unisda. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Dengan Menggambar Dekoratif Pada Kelompok Bermain (KB) Budi Utomo Pulokulon Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan.

Triharso, Agung. 2013. Permainan Kreatif & Edukatif Untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta : Andi Offset.

Wirawati Aisyah, Yunita. 2018. Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Menggunting Pola Garis, Lurus, Miring, Lengkung, Dan Lingkaran Di Kelompok A.1 RA Ma’arif Kecandra Salatiga. Skripsi. Salatiga: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.

Wiyani, Novan Ardy. 2014. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Gava Media.

Yahya, Usman. 2015. Konsep Pendidikan Anak. Vol. 15. No. 2.

Yeni Rachmawati, Euis Kurniati. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta : Kencana.

Zulkifli, Dewi dan Nurhayati. 2017. Pembelajaran Terpadu Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Pekanbaru : Kreasi Edukasi.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v3i2.10983

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.