EVALUASI KECERDASAN LINGUISTIK ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK TUNAS MULYA KOTA JAMBI

Zawaqi Afdal Jamil, Ade Bastia Eka Putri

Abstract


                                            

ABSTRACT

This research was conducted based on the result of the observation that children's linguistics which was still low. The aim of this research was to find out the results of evaluating the development of children's linguistic intelligence by using pictorial cards media at Tunas Mulya Kindergarten, Jambi City. Children's linguistic intelligence is that their preference to communicate, tell stories, pay attention to stories, having a lot of vocabulary, easy to remember and mention the names of objects, likes to ask questions about labels, and like linguistic games. To develop linguistic intelligence, it can be done by using pictorial card media. This research was conducted by using evaluation research and classroom action research method. Data collection techniques were observation and interview by using descriptive statistical analysis. The results showed that pictorial card media can improve children’s linguistic intelligence. Therefore, it is suggested to the teacher to use the pictorial card media in teaching. The principal is suggested to encourage and provide material and tools to create learning media.

Keywords: evaluation, linguistic intelligence, early childhood.

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan atas temuan rendahnya pengembangan linguistik anak. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui hasil evaluasi pengembangan kecerdasan linguistik anak dengan menggunakan media kartu bergambar di Taman Kanak-Kanak Tunas Mulya Kota Jambi. Kecerdasan linguistik  anak adalah sikap suka anak dalam berkomunikasi ditunjukkan dengan suka bercerita, suka memperhatikan cerita, memiliki banyak kosa kata, mudah mengingat dan menyebutkan nama benda, suka bertanya tentang label-label, dan menyenangi permainan linguistik. Untuk mengembangkan kecerdasan linguitik tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan media kartu bergambar. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian evaluasi dan penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi dengan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah kecerdasan linguistik dapat dikembangkan dengan menggunakan media kartu bergambar. Oleh karena itu, disarankan kepada guru untuk dapat menggunakan media kartu bergambar dan kepada kepala sekolah agar mendorong dan menyediakan bahan dan alat untuk mengkreasikan media pembelajaran.

Kata kunci: evaluasi, kecerdasan linguistik, anak usia dini.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ananda, Rusydi, dan Tien Rafida. 2017. Pengantar Evaluasi Program Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Danim, Sudarwan. 2017. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.

Fathurrohman. Pupuh. dan M. Sobri Sutikno. 2007. Strategi Belajar Mengajar melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung: PT. Refika Aditama.

Fitrianti. 2016. Sukses Profesi Guru dengan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Deepublish.

Hapsari. Iryani Indri. 2016. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: PT. Indeks.

https://cecepkustandi.wordpress.com/2016/05/04/media-flash-card/. diakses: 29 Januari 2020.

https://www.jojotoys.id/apa-itu-flash-card-dan-bagaimana-cara-menggunakannya/. diakses: 29 Januari 2020.

Kustiawan, Usep. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Gunung Samudra.

Lalompoh, Cyrus T. dan Kartini Ester Lalompoh. 2017. Jakarta: PT. Grasindo.

Lucy. Bunda. 2016. Panduan Praktis Tes Minat & Bakat Anak. Jakarta: Swadaya Group.

Lwin, May. dkk.. 2008. Pengalih Bahasa: Christine Sujana. Cara Mengembangkan berbagai Kecerdasan. Jakarta: PT. Indeks.

Madyawati, Lilis. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarta: Kencana.

Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mursid. 2015. Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mursid. 2016. Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Musfiroh, Tadkiroatun. 2010. Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mutiah, Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia.

Pratisti, Wiwien Dinar. 2008. Psikologi Anak Usia Dini. Bogor: PT. Indeks.

Putri, Arum Ekasari. 2019. Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling: Sebuah Studi Pustaka: dalam Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia. 4 (2). 39-42.

Ramayulis. 2013. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulya.

Sadiman, dkk.. 2006. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. tt. dan Ahmad Rivai. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana, Nana. 2000. Dasar-dasar Proses Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suratno. 2005. Pengembangan Kreatifitas Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.

Utami, Wicka Yunita Dwi. Martini Jamaris. 2020. Sri Martini Meilanie. Evaluasi Program Pengelolaan Lembaga PAUD di Kabupaten Serang. Dalam Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 4 Issue 1. 67-76.

Yaumi, Muhammad. dan Nurdin Ibrahim. 2016. Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak Mengidentifikasi dan Mengembangkan Multitalenta Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Yus, Anita. 2011. Model Pendidikan Anak Usia Dini. (Jakarta: Prenadamedia Group.

Zubaidah. Enny. 2005.Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yogyakarta: FIP UNY.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v3i2.10877

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.