DESAIN DAN UJI COBA LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Reka Pramanda Utami

Abstract


This research was instigated by the lack of availability teaching materials that could help students in the learning process, and the unavailability of using student workbook Learning Cycle 5E based.  This research aimed at knowing the validity and practicality level ofstudent workbook Learning Cycle 5E based on Buffer Solution lesson.  It was R&D (Research and Development) with 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) model.  It was administered at State Senior High School 10 Pekanbaru.  The subjects of this research were student workbook media design experts, learning material experts, chemistry subject teachers, and students.  The object was student workbook Learning Cycle 5E based on Buffer Solution lesson.  The data were obtained directly from questionnaire.  The instruments of collecting the data were validity and practicality test questionnaires.  The data then were analyzed by using Descriptive qualitative and quantitative analysis techniques.  The produced workbook was tested, and it was valid with 90.9% percentage (very valid), and practical with 90.66% percentage (very practical).  Based on these results, it could be concluded thatstudent workbook Learning Cycle 5E basedwas valid and practical on Buffer Solution lesson, so it was appropriate to be an additional teaching material for teachers at school.


Keywords


Student Workbook, Learning Cycle 5E, Buffer Solution

Full Text:

PDF PDF

References


Akhmad, Pengembangan LKPD Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pemisahan Campuran, (Makassar: jurnal Chemistry Education Review, 2011), vol. 1, no. 1

Asnaini, Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Peserta Didik pada Materi Larutan Penyangga, (Banda Aceh: UIN Ar-Raniry, 2016), lantanida journal, vol. 4, no. 1

Dian Wijayanti, Pengembangan Media Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Hierarki Konsep untuk Pembelajaran Kimia Kelas X Pokok Bahasan Pereaksi Pembatas, (Surakarta: Universitas Sebelas Maret, 2015), ISSN 2337-9995, vol. 4, no. 2

Endang, Mulyatiningsih. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. (Bandung : Alfabeta, 2013.

Fajar Irsyadul Afkar, Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik dengan Model Pengembangan 4-D pada Materi Mitigasi Bencana dan Adaptasi Bencana Kelas X Sma, (Malang : Universitas Negreri Malang, Juni 2017

Fitriani, Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Materi Larutan Penyangga, (Banda Aceh: Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 2016), vol.04, no.02

Haris Munandar, Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Nilai Islami pada Materi Hidrolisis Garam, (Aceh Darussalam: Universitas Syiah Kuala Darussalam, 2015), jurnal Pendidikan Sains Indonesia, vol. 03, no.01

Muh.Nasir, Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model 5E untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, (Universitas Mataram: e-journal penelitian pendidikan ipa, 2015), e-ISSN : 2407-795X, vol. 1, no. 2

Muhamad Zikrullah, Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Model Learning Cycle 5e, (Mataram: Pascasarjana Universitas Mataram, 2016), jurnal Penelitian Pendidikan Ipa, e-ISSN: 2407-795X p-ISSN: 2460-2582, vol. 2, no. 2

Muhamad Zikrullah, Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Model Learning Cycle 5e, (Mataram: Pascasarjana Universitas Mataram, 2016), jurnal Penelitian Pendidikan Ipa, e-ISSN: 2407-795X p-ISSN: 2460-2582, vol. 2, no. 2

Nahdia Rupawanti, Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Learning Cycle 5E untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Pokok Alat-Alat Optik, (Pendidikan Sains Pascasarjana UNS, 2016), vol. 6, no. 1

Rahmawaty. 2013. Efektifitas Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Geografi Di Kelas VIII Smp Negeri 6 Pasangkayu. (Universitas Tadulako, E-Jurnal Geofkip Untad).

Randa Sagita, Pengembangan Modul Konsep Mol Berbasis Inkuiri Terstruktur dengan Penekanan pada Interkoneksi Tiga Level Representasi Kimia untuk Kelas X Sma, (Padang: Jurnal Eksakta Pendidikan UNP, 2017

Riduwan, Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian, (Bandung: Alfabeta, 2007),.

Sari, Eka. 2016. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Karakter Pada Mata Pelajaran Kimia SMA. Vol. 5 No. 2. (Jambi: Pendidikan IPA Universitas Jambi).

Syamsurizal, Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Non Eksperimen untuk Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI Ipa SMA N 8 Muaro Jambi, (Jambi: Universitas Jambi, 2014), vol. 6, no.2,

Trianto, Ibnu Badar al-Tabany, Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif dan konstektual, konsep, landasan dan implementasinya pada kurikulum 2013. (Jakarta: Pranadamedia group, 2014

Widhar dwi utami, Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan, (Malang: Universitas Negeri Malang, 2013




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jete.v2i1.8231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

    
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.