Pengaruh Pemahaman Materi Wakalah dan Sulhu terhadap Tanggung Jawab dan Cinta Damai Siswa di Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru

Hermi Yusnita, Nurhayati Zein

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman materi wakalah dan sulhu terhadap tanggung jawab dan cinta damai siswa selama di lingkungan Madasah Aliyah Hasanah Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa di Madasah Aliyah Hasanah Pekanbaru. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pengaruh pemahaman materi wakalah dan sulhu tehadap tanggung jawab dan cinta damai siswa. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sensus sampling (sampel jenuh). Teknik pengumplan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan korelasi serial. Perhitungan data dilakukan secara manual yang diperoleh melalui  tes dan angket. Tes untuk mendapatkan data tentang pemahaman materi wakalah dan sulhu. Sedangkan angket untuk mendapatkan data tentang tanggung  jawab dan cinta damai siswa. Bedasarkan analisis data diperoleh rch sebesar 0,771 lebih besar dari rtabel baik pada taraf signifikan 5% sebesar 0,404 dan taraf signifikan 1% sebesar 0,515 atau 0,404<0,771>0,515. Dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan antara pemahaman materi wakalah dan sulhu terhadap tanggung jawab dan cinta damai siswa selama di lingkungan Madasah Aliyah Hasanah Pekanbaru

Keywords


Pemahaman, Wakalah dan Sulhu, Tanggung Jawab, dan Cinta Damai

Full Text:

PDF

References


Abdul Ghafur Anshari, 2010, Hukum Perjanjian Islam di Indonesia, Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Amir, Taufiq. 2010. Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media group.

Amri Darwis, 2015, Metode Penelitian Pendidikan Islam, Pekanbaru: Suska Perss.

Anas Salahudin dan Irwanto Alkrienciehie, 2013, Pendidikan Karakter Berbasis Agama & Budaya Bangsa, Bandung: Pustaka Setia.

Anas Sudijono, 2011, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafind Pesada.

Barnawi dan M. Arifin, 2016, Strategi dan Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Bukhari Umar, 2015, Hadits Tarbawi: Pendidikan dalam Perspektif Hadits, Jakarta: Amzah.

Hendi Suhendi, 2011, Fiqih Muamalah, Jakarta: Rajawali Pers.

Hilda Restinawati, (2018) Pengaruh Pemahaman Hukum Hudud Dalam Materi Fikih terhadap Pengendalian Diri Siswa Kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 4 Kampar. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Izzah, Nurul Laily Rokhmatul (2018) Pola asuh orang tua dalam menumbuhkan karakter cinta damai pada Siswa di MI Imami Kepanjen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

KMA No. 165 Tahun 2014 tentang Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab.

Marzuki. 2015, Pendidikan Karakter Islam, Jakarta: Amzah.

Ulil Amri Syafri, 2012, Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an, Jakarta: Rajawali Pers.

Yossy Nurfadilla, (2017) Pengaruh Pemahaman Materi Karakteristik Wirausaha terhadap Karakter Tanggung Jawab Siswa Pada Pembelajaran Kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan Multi Mekanik Masmur Pekanbaru. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v2i2.8595

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.