Peningkatan Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Diskusi Terpimpin Murid Kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Bangkinang Seberang

Akmal Taufik, Z. Zulkifli

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Konsep Diskusi Terpimpin Murid Kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Pulau Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, data yang di uraikan adalah  Mengenal rasul Allah SWT, pada Siklus I dan Siklus II,  tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan Aktivitas Belajar . Aktivitas Belajar sebelum tindakan diperoleh rata-rata persentase 49,23 ,dari siklus I diperoleh rata-rata persentase 53,71%, Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan dengan rata-rata persentase 62,62 hal ini menunjukan bahwa melalui Metode Diskusi Terpimpin Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Pulau Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar dapat ditingkatkan.

Keywords


Aktivitas Belajar, Pendidikan Agama Islam, Metode Diskusi

Full Text:

PDF

References


Anas Sudjono, (2004), Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Muhammad Ali, (1987), Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru.

Muhammad Daud Ali, (2006), Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Mulyasa, (2007), Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rodakarya.

Nana Sudjana, (1989), CBSA Dalam Proses Belajar Mengajar, Sinar Baru: Bandung.

Rahmayulis, (2002), Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalamulia.

Ramayulis, (1994), Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia.

Roestiyah, (2001), Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto, (1998), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Suryosubroto, (2002), Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v2i1.7869

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.