Pengaruh Model Kooperatif Tipe Cooperative Integreted Reading and Composition terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bengkalis

Muhammad Fahmi, Mas'ud Zein

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara kelas yang menggunakan model kooperatif tipe Cooperative Integreted Reading and Composition pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bengkalis Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis, dan perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah. Artikel ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan sampel penelitian ini adalah kelas VIII.B yang berjumlah 23 orang (sebagai kelas eksperimen) dan kelas VIII.C yang berjumlah 23 orang (sebagai kelas kontrol). Berdasarkan hasil analisis dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa antara yang menggunakan model kooperatif tipe CIRC dan pembelajaran konvensional. Ini terlihat dari mean ketuntasan hasil belajar dengan model kooperatif tipe CIRC sebesar 83,30 lebih baik dari hasil belajar dengan pembelajaran konvensional sebesar 73,96, dan perbedaan peningkatan dapat dilihat dari uji tes t N-gain yaitu sebesar 4,07. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif bila menggunakan model kooperatif tipe CIRC terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SMP Negeri 2 Bengkalis.

Keywords


Pembelajaran Kooperatif, Cooperative Integreted Reading and Composition, Kemampuan Pemecahan Masalah

Full Text:

PDF

References


Hartono. 2008. Statistik Untuk Penelitian.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni. 2009. Pembelajaran kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyono Abdurrahman. 2003. Pendidikan Bagi Anak Kesulitan Belajar. cet.II; Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Punaji Setyosari.2010. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Slavin, Robert E.2005. Cooperative Learning, diterjemahkan oleh NarulitaYusron dengan judul Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono.2010. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Wallec, John A. Van De. 2006. Elementary and Middle School Mathematics ,diterjemahkan oleh Suyono dengan judul: Matematika Sekolah Dasar dan Menengah Pengembangan Pengajaran. Cet.VI; Jakarta: Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v2i1.7867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.