Hubungan Motivasi dan Kompetensi dengan Kinerja Guru PNS Sekolah Dasar Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu pada Era New Normal

Indarti Indarti, Rian Vebrianto, Joko Purwanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi hubungan antara motivasi dan kompetensi dengan kinerja guru PNS Sekolah Dasar di Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu, terutama dalam konteks Era New Normal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui survei menggunakan kuesioner kepada guru-guru PNS di sekolah dasar yang ditunjuk sebagai responden. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik deskriptif dan analisis regresi untuk menentukan apakah ada hubungan yang signifikan antara motivasi, kompetensi, dan kinerja guru. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang faktor-faktor yang memengaruhi kinerja guru PNS di Era New Normal, sehingga dapat memberikan masukan bagi pihak-pihak terkait dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dasar di wilayah tersebut.

Keywords


Motivasi guru; Kompetensi guru; Kinerja guru; Era New Normal

Full Text:

PDF

References


Adha, R. N., Qomariah, N., & Hafidzi, A. H. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, Budaya Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dinas Sosial Kabupaten Jember. Jurnal Penelitian IPTEKS, 4(1), 47-62.

Adiwinata, D., Triadji, B., & Kuswantoro, M. (2018). Pengaruh Pelatihan Formal Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru dengan Motivasi Intrinsik Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Yayasan Pendidikan Informatika Serang). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa, 2(1), 113-125.

Ahmadiansah, R. (2016). Pengaruh motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru SMK Muhammadiyah Salatiga. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 1(2), 223-236.

Alhusaini, A., Kristiawan, M., & Eddy, S. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2166-2172.

Ana, F. Y., & Warlizasusi, J. (2021). Analisis Kebijakan Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 untuk meningkatkan Mutu Pendidikan di SMAN 8 Rejang Lebong. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(1), 13-24.

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 4(1), 80-86.

Ankoma-Sey, V. R., & Maina, B. (2016). The role of Effective Supervision on academic performance of senior high schools in Ghana. Journal of Arts and Humanities, 5(4), 73-83.

Antin, A., & Kiflee, D. N. B. A. (2018). Pengaruh Beban Tugas dan Motivasi Terhadap Keefisienan Kerja Guru Sekolah Menengah di Sabah. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 3(2), 77-84.

Anwar, A. S. (2020). Pengembangan sikap profesionalisme guru melalui kinerja guru pada satuan pendidikan MTs Negeri 1 Serang. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 147-173.

Anwar, A. S. (2020). Pengembangan sikap profesionalisme guru melalui kinerja guru pada satuan pendidikan MTs Negeri 1 Serang. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 147-173.

Ariyanto, A., & Sulistyorini, S. (2020). Konsep Motivasi Dasar dan Aplikasi dalam Lembaga Pendidikan Islam. Al-Asasiyya: Journal Of Basic Education, 4(2), 103-114.

Arlita, S. E., Ahyani, N., & Missriani, M. (2020). Pengaruh Kompetensi Akademik dan Motivasi Guru Terhadap Kinerja Guru. Attractive: Innovative Education Journal, 2(3), 8-14.

Armani, A. R., & Margunani, M. (2017). Pengaruh Profesionalisme Guru, Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri Se-Kabupaten Sragen. Economic Education Analysis Journal, 6(1), 70-82.

Brahmowisang, A. K. (2018). Penerapan Model STAD dengan Media Audio Visual Pada Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS 3 SMAN 1 Wuryantoro Tahun Ajaran 2016/2017. Historia Pedagogia, 7(1), 1-9.

Cecep, H., Widyastuti, A., Subakti, H., Hasibuan, F. A., Sartika, S. H., Ardiana, D. P. Y., ... & Simarmata, J. (2021). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Cut Fitriani, M. A., & Usman, N. (2017). Kompetensi profesional guru dalam pengelolaan pembelajaran di MTs Muhammadiyah Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 5(2).

De Keizer, H., & Pringgabayu, D. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi, dan Budaya Sekolah, Terhadap Kinerja Guru Di SMK ICB Cinta Niaga Kota Bandung. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 4(1).

Dini, J. P. A. U. (2021). Feasbylity Study Perlindungan Hukum untuk Anak Usia Dini yang Bercompetitive Advantage. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1625-1634.

Diwiyani, D., & Sarino, A. (2018). Gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah dan motivasi kerja guru sebagai determinan kinerja guru. Manajerial: Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi, 17(1), 83-94.

Firman, A., & Hidayat, M. (2020). Pengaruh Kompensasi Dan Diklat Terhadap Motivasi Kerja Melalui Pengembangan Karir Asn Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kabupaten Barru. Akmen Jurnal Ilmiah, 17(2), 309-321.

Giantoro, H. M., Haryadi, H., & Purnomo, R. (2019). Pengaruh Kompetensi Guru, Kepemimpinan Kepala Sekolah Menurut Persepsi Guru dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SMK Negeri di Kabupaten Purbalingga. Jurnal ekonomi, bisnis, dan akuntansi, 21(2).

Hafid, M. (2017). Pengaruh Motivasi dan Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru Sekolah dan Madrasah di Lingkungan Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 1(2), 293-314.

Hamid, H., & Kurniawaty, K. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja ASN. Jurnal Ekonomika, 4(1), 58-67.

Hartanti, A. S., & Yuniarsih, T. (2018). Pengaruh kompetensi profesional guru dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 3(1), 19-27.

Hasibuan, J. S., & Silvya, B. (2019, December). Pengaruh Disiplin Kerja dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan. In Prosiding Seminar Nasional USM (Vol. 2, No. 1, pp. 134-147).

Hidayat, T., Tanjung, H., & Juliandi, A. (2020). Motivasi Kerja, Budaya Organisasi dan Kompetensi terhadap Kinerja Guru Pada SMK Muhammadiyah 3 Aek Kanopan. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(2), 189-206.

Jayadi, E. K., Mahadewi, N. P. E., & Mananda, I. G. S. (2017). Karakteristik Dan Motivasi Wisatawan Berkunjung Ke Pantai Green Bowl, Ungasan, Kuta Selatan, Bali. Jurnal Analisis Pariwisata ISSN, 1410, 3729.

Kuengo, S., Posumah, J. H., & Dengo, S. (2017). Kompetensi Kepala Desa Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Di Desa Tounelet Kecamatan Kakas Kabupaten Minahasa. Jurnal Administrasi Publik, 3(046).

Laisila, M. (2020). Faktor Motivasi, Lingkungan Kerja, Kompetensi Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pegawai. Celebes Equilibrum Journal, 1(2), 64-73.

Leihitu, K. F., Kalangi, J. A., & Rogahang, J. J. (2022). Pengaruh Motivasi, Pengawasan dan Budaya Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PT. Tigaraksa Satria, Tbk Manado. Productivity, 3(1), 61-66.

Lestari, A. S., Juani, M., & Butar, H. F. (2021). Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Dan Potensi Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan), 5(2), 440-452.

Linggi, Y. (2021). Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Otomotif SMK Kristen Tagari Toraja Utara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 507-513.

Mainuddin, M. (2020). Kompetensi Guru Menurut UU RI Nomor: 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Al-Munawwarah: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 30-47.

Manaf, A. (2017). Hubungan pemberdayaan guru terhadap profesionalisme guru dan mutu pendidikan. Tanzhim, 1(02), 108-118.

Mathodah, S. (2019). Kompetensi Manajerial dan Keteladanan Pimpinan terhadap Kinerja Guru. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 2(2), 161-170.

Mirhan, J. B. K. J. (2016). Hubungan Antara Percaya Diri Dan Kerja Keras Dalam Olahraga Dan Keterampilan Hidup. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 12(1).

Mulyasa, E. (2019). Motivasi dan Kinerja: Teori dan Penerapannya dalam Konteks Pendidikan. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Muslih, B. (2020). Urgensi komunikasi dalam menumbuhkan motivasi di era pandemi covid-19. Penataran: Jurnal Penelitian Manajemen Terapan, 5(1), 57-65.

Musthofa, A. J., & Nugraha, J. (2020). Pengembangan Media Pebelajaran Audio Visual Berbantuan Adobe Flash dan Android Pada Kompetensi Dasar Mengelola Arsip Elektronik untuk Kelas X OTKP1 SMK Negeri 2 Blitar. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 377-392.

Nadhar, M., & Azis, A. (2019). Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Baba Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang. Movere Journal, 1(1), 33-48. Surya (2000) dari Supardi (2013)

Naim, M. R., SE, M., & Asma, S. P. (2019). Pengantar Manajemen. Penerbit Qiara Media.

Narsih, D. (2017). Pengaruh Kompetensi dan Kepuasaan Kerja terhadap Kinerja Guru SMKN 23 Jakarta Utara. Utility: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(1), 94-102.

Nome, N. (2019). Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Kepercayaan Diri Peserta Didik. Phronesis: Jurnal Teologi Dan Misi, 2(2), 158-176.

Nugraha, D. A., Nadeak, B., Martini, N., & Suyaman, D. J. (2022). Pengaruh Pengembangan Karir Dan Kompetensi Terhadap Kepuasan Kerja Yang Berdampak Pada Kinerja Pegawai Negeri Sipil Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Jawa Barat. At-Tadbir: jurnal ilmiah manajemen, 6(1), 81-93.

Nugroho, Y. A. B. (2019). Pelatihan dan Pengembangan SDM: Teori dan Aplikasi. Penerbit Unika Atma Jaya Jakarta.

Nurochim, N., Royandi, E., Mauluddin, A., & Ngaisah, S. (2020). Multikulturalisme: Analisis Wacana Kritis Terhadap Teks Dalam Buku Ajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Lektur Keagamaan, 18(1), 197-222.

Nursam, N. (2017). Manajemen Kinerja. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 2(2). Handoko

Oghuvbu, E. P. (2011). Implementation of the primary school curriculum modules in Nigeria: the role of supervision. The Anthropologist, 13(2), 147-150.

Oktarina, E., Makhdalena, M., & Caska, C. (2020). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Se Kota Pekanbaru. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 8(1), 84-94.

Parimita, W., Khoiriyah, S., & Handaru, A. W. (2018). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja pada Karyawan PT Tridaya Eramina Bahari. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9(1), 125-144.

Pasaribu, F., & Tufty, Z. (2021). Pengaruh Kompetensi, Motivasi Kerja Dan Lingkungan Kerfja Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri 15 Medan. Jurnal AKMAMI (Akuntansi Manajemen Ekonomi), 2(2), 258-272.

Pianda, D. (2018). Kinerja guru: kompetensi guru, motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah. CV Jejak (Jejak Publisher).

Pianda, D. (2018). Kinerja guru: kompetensi guru, motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah. CV Jejak (Jejak Publisher).

PRATIWI, S. I., & WALYOTO, S. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan (Studi Kasus di PT. Fastrata Buana Cabang Solo (Doctoral dissertation, IAIN SURAKARTA).

Putri, A. D. K., & Imaniyati, N. (2017). Pengembangan profesi guru dalam meningkatkan kinerja guru (Professional development of teachers in improving the performance of teacher). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 93-101.

Putri, A. D. K., & Imaniyati, N. (2017). Pengembangan profesi guru dalam meningkatkan kinerja guru (Professional development of teachers in improving the performance of teacher). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 93-101.

Qorib, M., Zaini, M., Akrim, A., & Gunawan, G. (2019). Integrasi Etika Dan MOral. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Rahabav, P. (2016). The Effectiveness of Academic Supervision for Teachers. Journal of Education and Practice, 7(9), 47-55.

Rahmawati, R. (2022). Gambaran Motivasi Belajar Pada Masa Pandemi COVID-19 di MAN 2 Langkat (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).

Rahmayanti, R., Haryati, T., Miyono, N., & Safitri, A. (2021). Pengaruh Kompetensi Profesional, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Kabupaten Pemalang. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan, 3(1), 43-55.

Rakhmawati, S., Wiyono, B. B., & Sultoni, S. (2021). Keterampilan Manajerial Kepemimpinan dan Supervisi Pengajaran Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi serta Hubungannya dengan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(11), 1680-1688.

Ratnasari, S. L., Sutjahjo, G., Susanti, E. N., Tanjung, R., & Ismanto, W. (2021). Pengaruh Kompetensi, Motivasi, Dan Kreatifitas Terhadap Kinerja Guru Melalui Kepuasan Kerja. Manajemen Pendidikan, 16(1), 1-12.

Riyadi, A., & Alhanif, S. S. (2020). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X (Sepuluh) di MA Al-Qurtubiyyah Nagrak Tahun Pelajaran 2016/2017. As-Syar'i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 2(1), 104-118.

Rohida, L. (2018). Pengaruh era revolusi industri 4.0 terhadap kompetensi sumber daya manusia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 6(1), 114-136.

Rosmaini, R., & Tanjung, H. (2019). Pengaruh Kompetensi, Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 1-15.

Salamah, N. (2019). Pengaruh intensitas mengikuti kegiatan Al-Khidmah terhadap pelaksanaan shalat siswa SMK Miftahul Huda Ngroto Gubug Grobogan (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).

Saleh, M., & Mutiani, M. (2021). The Role of the Principal in Increasing Teacher Performance Through Periodic Academic Supervision. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1135-1141. Suleiman,

Salmawati, S., Rahayu, T., & Lestari, W. (2017). Kontribusi kompetensi pedagogik, kompetensi profesional dan motivasi kerja terhadap kinerja guru Penjasorkes SMP di Kabupaten Pati. Journal of Physical Education and Sports, 6(2), 198-204.

Sari, H. P. (2019). Pengaruh kompetensi, motivasi kerja dan insentif terhadap kinerja guru SMA. Perspektif Ilmu Pendidikan, 33(1), 69-78.

Sastrawan, K. B. (2020). Menggagas Kepemimpinan Berlandaskan Ajaran Asta Brata dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Guru. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 3(2), 55-64.

Sholeh, M. (2017). Keefektifan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 1(1), 41-54. Priansa

Sinaga, S. (2020). Peranan Balas Jasa dan Insentif Terhadap Motivasi Kerja pada PT. Sony Gemerlang Medan. Jurnal Darma Agung, 28(1), 132-144.

Sodik, M., Sahal, Y. F. D., & Herlina, N. H. (2019). Pengaruh Kinerja Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Alquran Hadis. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(1), 97-112.

Somantri, D. (2021). Abad 21 pentingnya kompetensi pedagogik guru. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 18(02), 188-195.

Sudjana, N. (2017). Kompetensi Guru: Konsep, Indikator, dan Peningkatan. Jakarta: Sinar Grafika.

Supriyono, A. (2017). Pengaruh kompetensi pedagogik, profesional, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar. Jurnal Pendidikan, 18(2), 1-12.

Susanto, Y., Riwukore, J. R., Afrianti, I., & Habaora, F. (2021). Pengaruh kompetensi dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMP Negeri 4 Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan. Jurnal Pendidikan, 30(2), 143-152.

Tabi'in, A. A. (2016). Kompetensi guru dalam meningkatkan motivasi belajar pada MTsn Pekan Heran Indragri Hulu. Al-Thariqah, 1(2), 156-171.

Tasrim, T., & Elihami, E. (2020). Motivasi Kerja Pendidik dalam Meningkatkan Manajemen Lembaga Pendidikan Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 48-53.

Usman, Y. D. (2015). The Impact of Instructional Supervision on Academic Performance of Secondary School Students in Nasarawa State, Nigeria. Journal of Education and Practice, 6(10), 160-167.

Wahab, A. A., & Komariah, A. (2016). Investigating teaching performance of vocational school teachers: profession allowance and work motivation.

Wardan, K. (2019). Guru sebagai profesi. Deepublish.

Wibawa, I. M. D. (2019). Meningkatkan Kinerja Guru dalam Menyusun Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) melalui Supervisi Kolegial. Journal of Education Action Research, 3(1), 66-71.

Wijayanti, R., & Meftahudin, M. (2016). Pengaruh kepemimpinan islami, motivasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan dengan lama kerja sebagai variabel moderating. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 3(3), 185-192.

Yamin, M., & Kurniawan, A. (2020). Pendidikan di Era New Normal: Paradigma, Tantangan, dan Peluang. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Y., Hanafi, Z., & Thanslikan, M. (2019). Nexus between Students’ Personnel Services and Academic Achievement in Secondary Schools, Kwara State, Nigeria: The Moderating Role of Supervision.

Yuliandri, J., & Kristiawan, M. (2017). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang. Barnawi dan Arifin

Yuwono, R., Kusmayadi, D., Hasanah, E., & Barlian, U. C. (2021). Uji Kompetensi dan Penilaian Guru. As-Salam: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 5(1), 1-13.

Zebua, S. N., Siahaan, E., & Erlina, E. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kreativitas, dan Kemampuan Menyesuaikan Diri terhadap Kinerja Guru SMA. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3509-3519.

Zola, N., & Mudjiran, M. (2020). Analisis urgensi kompetensi kepribadian guru. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(2), 88-93.

Zuhri, D. (2019). Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Guru di Kabupaten Kampar: Analisis Kuantitatif. IMPROVEMENT Jurnal Ilmiah untuk peningkatan mutu manajemen pendidikan, 6(1), 105-114.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v6i2.25400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     
  

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.