Kontribusi Kewibawaan Dosen dan Penegakan Kode Etik terhadap Disiplin Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau

Syafrida Syafrida

Abstract


Mahasiswa sebagai input dan output pendidikan dalam kegiatan perkuliahan pada setiap perguruan tinggi sering memperlihatkan pola tingkah laku yang beragam. Hal ini merupakan fenomena yang umum, namun sering kali pola tingkah laku mahasiswa menjadi tidak terarah dan berdampak negatif. Oleh sebab itu dosen sebagai tenaga pengajar harus memiliki sikap dan kewibawaan untuk dapat mengatur dan mendisiplinkan mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kontribusi kewibawaan dosen, penegakan kode etik serta keduanya secara bersama-sama terhadap disiplin mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SUSKA Riau. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel penelitian sebanyak 150 orang yang ditentukan secara acak dari total populasi mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SUSKA Riau yang berjumlah 4.842 orang. Alat pengumpulan data untuk ketiga variable angket model skala Likers dan data diolah menggunakan teknik korelasi dan regresi sederhana maupun ganda. Diperoleh hasil bahwa kewibawaan dosen dan penegakan kode etik secara bersama-sama memiliki kontribusi paling besar terhadap disiplin mahasiswa yaitu sebanyak 28% jika dibandingkan dengan pengaruh kewibawaan dosen sebesar 23% dan penegakan kode etik sebesar 14%.

Keywords


Kewibawaan Dosen; Penegakan Kode Etik; Disiplin

Full Text:

PDF

References


Agung, I. (2014). Akademi Komunitas dan Penerapan Master Plan Perluasan dan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (Mp3ei). Jurnal Ilmiah Visi, 9(1), 68-81.

Astuti, R. P. (2014). Hubungan Kewibawaan Dosen dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Angkatan 2009-2010 STAIN Salatiga Tahun 2013. Skripsi.

Erni, S., Vebrianto, R., Miski, C. R., Mz, Z. A., & Thahir, M. (2020). Refleksi Proses Pembelajaran dimasa Pendemi Covid 19 pada Sektor Pendidikan Guru MTs Swasta di Pekanbaru: Dampak dan Solusi. Bedelau: Journal of Education and Learning, 1(1), 1-10.

Mangkunegara, A. P. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia, Remaja Rosdakarya, Bandung. Penerbit Refika Aditama.

Multazam, U. (2019). Kepempimpinan dan Budaya Akademik di Perguruan Tinggi. Ta'dibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 128-147.

Musa Thahir, Y. R., & Murni, A. (2018). Identifikasi persepsi dosen dan mahasiswa terhadap pembelajaran berbasis website (PBW) di prodi pendidikan matematika FTK UIN Suska Riau. Jurnal Elemen, 4(2).

Ngalim, P. (2007). Ilmu pendidikan teoritis dan praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nofiana, M., Fajar, W. N., & Wiarsih, C. (2021, December). Peran LPTK dalam mengembangkan program pendidikan profesi guru di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi.

Rawung, R. K. S., Katuuk, D. A., Lengkong, J. S. J., & Rotty, V. N. J. (2021). Analysis of Implementation Policies of the Bitung State Logistics Community Academy. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(5), 747-769.

Sa'diyah, H., & Rosyid, M. Z. (2020). Kode Etik dan Moral Mahasiswa (Studi Terhadap Peran Tim Kode Etik dalam Membina Moral Mahasiswa di IAIN Madura). NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam, 17(1), 46-60.

Siregar, R. S., Subakti, H., Karwanto, K., Sari, I. N., Purba, S., Susanti, S. S., ... & Harahap, A. L. (2021). Manajemen Sistem Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Sutisna, U. (2016). Pengaruh Kewibawaan Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK Al Kautsar. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 172-184.

Wahyudi, I., Alim, M. N., Malia, E., & Dewi, I. O. (2021). Budaya Organisasi dan Sistem Pengendalian Manajemen Pada Perguruan Tinggi. KABILAH: Journal of Social Community, 6(2), 126-140.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v4i3.16129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.