Kontribusi Motivasi Kerja dan Kecerdasan Sosial terhadap Kepuasan Kerja Guru SD Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir

Suardi Suardi, Isjono Isjoni, Caska Caska

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kontribusi motivasi kerja dan kecerdasan sosial terhadap kepuasan kerja guru SD Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan metode Survey dengan teknik korelasional (correlational resarch). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dengan 117 responden dari 132 orang guru SD Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir yang dipilih secara acak sebagai sampel menggunakan rumus Slovin. Metode penelitian dilakukan yaitu responden memberikan tanggapan terhadap kuesioner dalam bentuk skala likert yang terdiri dari lima pilihan jawaban yaitu Sangat Setuju, Setuju , Ragu-Ragu, Tidak Setuju, dan Sangat Tidak Setuju. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan dari analisis data ditemukan kontribusi positif variabel motivasi kerja terhadap kepuasan kerja SD Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir adalah 21,1%, sedangkan sisanya sebesar 78,9% ditentukan oleh faktor lain yang tidak menjadi bagian dari penelitian ini; selanjutnya, ditemukan kontribusi positif variabel kecerdasan sosial terhadap kepuasan kerja SD Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir adalah 24,1%, sedangkan sisanya sebesar 75,9% ditentukan oleh faktor lain yang tidak menjadi bagian dari penelitian ini; dan ditemukan kontribusi positif variabel motivasi kerja dan kecerdasan sosial terhadap kepuasan kerja SD Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir adalah 32%, sedangkan sisanya sebesar 68% lagi ditentukan oleh faktor lain yang tidak menjadi bagian dari penelitian ini.

Keywords


Motivasi kerja; Kecerdasan social; Kepuasan kerja

Full Text:

PDF

References


Andriansyah, D. (2015). Representative and Directive Acts Used by Main Characters in “The Baytown Outlaw” Movie (Doctoral Dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Anita L. (2013). Cooperatif Learning: Mempraktekkan Cooperatif Learning di Ruang-Ruang Kelas. Gramedia; Jakarta.

Anoraga, P. (2011). Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.

Armstrong, T. (2013). 7 Kind of Smart (Menemukan dan Meningkatkan Kecerdasan Anda berdasarka Teori Multiple Intelegence. Gramedia Pustaka Utama; Jakarta.

As’ad, M. (2015). Psikologi Industri. Yogyakarta: Liberty.

Astuti. (2015). Analisis Pengaruh Bahan Tambah Kapur Terhadap karakteristik RAP (Reclaimed Asphalt Pavement), Tugas Akhir, Universitas Muhammadiyah Surakarta; Surakarta.

Hajar, S., Susilawati, M. A. D. E., Nilakusmawati, D. P. E., & Kunci, K. (2012). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Rumah Kost. E-Jurnal Mat, 1(1), 25-31.

Hamzah, B. U. (2008). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Isjoni. (2015). Perencanaan Strategi Pendidikan. Pekanbaru: Cendekia Insani.

Riduwan. (2012). Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Ridwan, S. (2011). Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Robbins, S.P. (2013). Perilaku Organisasi, Edisi Bahasa Indonesia Jilid I. PT. Jakarta: Prenhalindo.

Safaria. (2015). Interpersonal Intelligence, Metode Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak. Yogyakarta: Amara Books.

Sopiah. (2016). Perilaku Organisasional. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v4i3.16128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Center for Instructional Development (CiD)
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: cidftkuinsuska@gmail.com
 
Diindeks oleh:

     

Lisensi Creative Commons
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.