PENGARUH PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH KPR PADA PT. DZAKIYAH MABRUKAH GEMILANG

Afdhol Rinaldi, Khairunnisa Atifah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian di PT. Dzakiyah Mabrukah Gemilang. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian rumah di PT. Dzakiyah Mabrukah Gemilang. Sampel yang digunakan adalah seluruh populasi sebanyak 43 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuisioner (angket), dan dokumentasi. Teknik analisa data adalah deskriptif dan kuantitatif. Metode analisis yang digunakan adalah Regesi Linier Berganda menggunakan program SPSS 23. Hasil penelitian uji t menunjukkan signifikan promosi (0,000) dan lokasi (0,002) lebih kecil dari 0,05, sehingga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji f menunjukkan signifikan 0,000 lebih kecil dari 0,05 sehingga secara simultan promosi dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji regresi linier berganda apabila promosi dan lokasi adalah konstan sama dengan nol maka nilai keputusan pembelian adalah 2,396, apabila penambahan 1 nilai pada promosi maka nilai keputusan pembelian meningkat menjadi 0,481 dianggap kosntan, dan apabila penambahan 1 nilai pada lokasi maka nilai keputusan pembelian meningkat menjadi 0,342 dianggap konstan. Hasil Koefisien Determinasi (R2) menunjukkan 64,4% bahwa keputusan pembelian dipengaruhi oleh promosi dan lokasi, 35,6% keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Full Text:

PDF

References


Arif Yusuf Hamali, 2016, Pemahaman Strategi Bisnis dan Kewirausahaan, Jakarta: Prenada Media Group

Ali Hasan, 2010, Marketing dan Bank Syariah, Bogor: Ghalia Indonesia

Basu Swastha dan Irawan, 2005, Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta: Liberty Yogyakarta

Buchari Alma, 2012, Pengantar Bisnis, Bandung: Alfabeta

C. Prihandoyo, Analisis Pengaruh Harga, Lokasi, Bangunan Dan Lingkungan Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Rumah, Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Balikpapan

Doni Marlius, 2017, Keputusan Pembelian Berdasarkan Faktor Psikologis Dan Bauran Pemasaran PT. Intercom Mobilindo Padang, Jurnal Pundi, Vol. 01, No. 01, Maret 2017, h. 59-60

Eman Suherman, 2011, Praktik Bisnis Berbasis Enterepreneurship, Bandung: Alfabeta

Fandy Tjiptono, 2001, Strategi Pemasaran, edisi ke-2, Yogyakarta: ANDI

Hartono, 2012, Statistik Untuk penelitian, Yogyakarta: Pustaka Belajar

Imam Ghozali, 2005, Analisis Multivariet dengan Program SPSS, Semarang: Undip

Iqbal Hasan, 2006, Analisis Data Penelitian dengan Statistik, Jakarta: Bumi Aksara

J. Paul Peter dan Jerry C Olson, 2002, Perilaku konsumen dan strategi pemasaran, Jakarta: Erlangga

Jusuf Soewadji, 2012, Pengantar metode penelitian, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Kasmir, 2016, Kewirausahaan, Jakarta: Rajawali, 2016

Kasmir, 2006, Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan, Jakarta: CAPS (Center For Academic Publishing Service)

Muhammad jaiz, 2014, Dasar-dasar Periklanan, Yogyakarta: Graha Ilmu

Muhammad Alimin, 2004, Etika dan Perlindungan Konsumen dalam Ekonomi Islam, Yogyakarta: BPFE

M. Iqbal Hasan, 2002, Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Bogor : Ghalia Indonesia

Mulyadi Nitisusastro, 2012, Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Kewirausahaan, Bandung: Alfabeta

Mulyadi Nitisusastro, 2009, Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil, Bandung: Alfabeta

Nanang Martono, 2011, Metode Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Rajawali Pers

Nur Hikma, 2015, “Aspek Psikologis Tokoh Utama Dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara (Kajian Psikologi Humanistik Abraham Maslow)”, Jurnal Humanika No. 15, Vol. 3, Desember 2015 / ISSN 1979-8296

Philip Kotler, 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, Jakarta: PT Prenhallindo

Purbayu Budi Santoso dan Ashari, 2006, Analisis Statistik Dengan Microsoft excel dan SPSS, Yogyakarta: ANDI

Philip Kotler, 2000, Prinsip-Prinsip Pemasaran Manajemen, Jakarta: Prenhalindo

Rozalinda, 2016, Ekonomi Islam Teori dan Aplikasinya pada Aktivitas Ekonomi, Jakarta: PT RajaGrafindo

R. G Soekadijo, 2000, Anatomi Pariwisata, Jakarta: GRAMEDIA Pustaka Utama

Ratih Hurriyati, 2005, Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Bandung: Alfabeta

Rambat Lupiyoadi, 2001, Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: PT. Salemba Empat

Riduwan, 2013, Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian, Bandung: Alfabeta

Schiffman & Kanuk, 2004, Perilaku Konsumen, Jakarta: Prentice Hall

Sugiono, 1999, Statistik Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta

Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta

Sugiyono, 2017, Metode Penelitian Kualitatif: Untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif, dan konstruktif, Bandung: Alfabeta

Sofjan Assauri, 2010, Manajemen Pemasaran, Jakarta: Rajawali Pers

Syofian Siregar, 2014, Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Bumi Aksara

Tukiran Teniredja dan Hidayati Mustafidah, 2014, Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar), Bandung: Alfabeta

Veithzhal Rivai Zainal, 2017, Islamic Marketing Management (Mengembangkan Bisnis dengan Hijrah Ke Pemasaran Islam Mengikuti Praktik Rosulullah), Jakarta:Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats