Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Masa Pandemik Covid 19 di SMK Negeri Kota Batam

Muhamad Rahul, Hartono Hartono, Nurhasanah Bakhtiar

Abstract


Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah 1) Bagaimana Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemik Covid 19 di SMK Negeri Kota Batam; 2) Faktor-faktor apa saja yang Mempangaruhi Pengunaan teknologi informasi dan komunikasi Pada Masa Pandemik Covid 19 di SMK Negeri Kota Batam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskripstif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan 1) wawancara, 2) observasi dan 3) dokumentasi. Sedangkan teknik pengolahan data dilakukan melalui tiga tahap yaitu 1) reduksi data, 2) penyajian data dan 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1)Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemik Covid 19 di SMK Negeri Kota Batam yaitu dilaksanakan secara daring dengan memanfaatkan komponone-komponen teknologi infomasidan komunikasi berupa hardware lapton dan handphone serta software berupa platform atau aplikasi pembelajaran daring sebagai media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Guru menggunakan beberapa platform atau aplikasi media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi yaitu youtube, google classroom, google form, quizizz, right  choice, microsoft office 365, rumah belajar, e-learning di SMK Negeri Kota Batam, dan whatsapp, namun yang paling sering digunakan guru dalam pembelajaran daring adalah google classroom, whatsapp, google Meting. Faktor-faktor yang Mempangaruhi Pengunaan teknologi informasi dan komunikasi Pada Masa Pandemik Covid 19 di SMK Negeri Kota Batam ringan) ada dua yaitu pendukung dan penghambat bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran daring. Adapun Faktor pendukungnya yaitu: a) Karena guru melaksanakan pembelajarannya tetap di sekolah, maka sekolah memfasilitasi jaringan wifi; b) Adanya laptop di laboratorium komputer yang bisa digunakan guru untuk melakukan pembelajaran; c) Adanya ahli teknologi informasi dan komunikasi di sekolah menjadikan kesulitan-kesulitan atau kendala-kendala dialami dapat diminimalisir. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu ketika jaringan internet sedang mengalami masalah maka pembelajaran akan terganggu bahkan tertunda dan kurangnya pengetahuan untuk menggunakan aplikai-aplikasi terbaru menyebabkan kesulitan ketika mengunggah atau membagikan materi.

Full Text:

PDF

References


Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran quizizz untuk pembelajaran jenjang pendidikan dasar dan menengah di Bengkulu. Kependidikan, 2(25).

Elianur, C. (2017). Pemanfaatan aplikasi whatsapp sebagai sarana diskusi antara pengawas dan guru pendidikan agama Islam. Jurnal As-Salam, 1(2), 1-14.

Enterprise, J. (2020). Chatting Tanpa Batas Menggunakan Whatsapp. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Habibah, R., Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan teknologi media pembelajaran di masa pandemi covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), 1-13.

Imaduddin, M. (2018). Membuat Kelas Online Berbasis Android Dengan Google Classroom: Terobosan Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Yogyakarta: Garudhawaca.

Ishaq, I. (2006). Pendidikan sebagai investasi masa depan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Kartono, K. (2020). Respon Guru dan Siswa Sekolah Dasar terhadap Hasil Pengembangan Soal Online Menggunakan Google Form sebagai Implementasi Belajar dari Rumah. Visipena, 11(2), 393-403.

Khairiyah, N & Zen, E.S. (2017). Buku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, SMA/MA/ SMK/MAK KELAS X. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kindarto, A & Community, S. (2018). Belajar Sendiri Youtube. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Kusmana, A. (2011). E-learning dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 14(1), 35-51.

Mashadi & Armawan, A.D. (2010). Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Pusat Pembukuan.

Mulatsih, B. (2020). Penerapan aplikasi Google Classroom, Google Form, dan Quizizz dalam pembelajaran kimia di masa pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 16-26.

Nuriansyah, F. (2020). Efektifitas penggunaan media online dalam meningkatkan hasil belajar pada mahasiswa pendidikan ekonomi saat awal pandemi Covid-19. Jurnal pendidikan ekonomi Indonesia, 1(2).

Nurkhamid. (2008). Mengelola E-learning dengan Moodle. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Pedoman Pemanfaatan Portal Rumah Belajar. (2020). Strategi Pembelajaran Berbasis TIK Memanfaatkan Rumah Belajar. KEMENDIKBUD.

Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan konsentrasi belajar mahasiswa melalui pemanfaatan evaluasi pembelajaran quizizz pada mata kuliah kimia fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29-39.

Putranti, N. (2016). Cara membuat media pembelajaran online menggunakan edmodo. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 2(2), 139-147.

Rahartri, L. I. P. I. (2019). " Whatsapp" Media Komunikasi Efektif Masa Kini (Studi Kasus Pada Layanan Jasa Informasi Ilmiah di Kawasan Puspiptek. VISI PUSTAKA: Buletin Jaringan Informasi Antar Perpustakaan, 21(2), 147-156.

Reinke, W. M., Stormont, M., Herman, K. C., & Newcomer, L. (2014). Using coaching to support teacher implementation of classroom-based interventions. Journal of Behavioral Education, 23(1), 150-167.

Sadiman, A. S. (2009). Media Pendidikan pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo.

Samosir, F. T., Pitasari, D. N., & Purwaka & Tjahjono, P. E. (2018). Efektivitas Youtube Sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa (Studi Di Fakultas FISIP Universitas Bengkulu). Record and Library Journal, 4(2), 81-91.

Setiadi, E. F., Azmi, A., & Indrawadi, J. (2019). Youtube Sebagai Sumber Belajar Generasi Milenial. Journal of Civic Education, 2(3), 313-323.

Sholihah, W & Mardiyono, A. (2020). Mengelola Kelas Online dengan Moodle 3.8. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Suhartatik, T. (2020). BEST PRACTICE Implikasi Media Quizizz Berbasis Android Terhadap Kualitas Pembelajaran dalam Mencetak Siswa Berprestasi Di Tingkat Nasional. Jakarta: Ahlimedia Book.

Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Susanto, N. (2020). Right Choice, Right Choice Modul Langkah-Langkah Membuat Modul Elektronik Sederhana. SMP Negeri 1 Sumbang.

Susanto. (2013). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Selembar Empat.

Sutrisno. (2011). Pengantar Pembelajaran Inovatif, Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Gaung Persada.

Tim Dosen TSM. (2020). Panduan Penggunaan Microsoft Office 365. Trisakti School of Management.

Tim Pembelajaran Daring. (2020). Panduan Penggunaan Google Classroom. Malang: Universitas Negeri Malang.

Warsita, B. (2019). Pemanfaatan portal Rumah Belajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal: Teknodik, 23(1), 68-70.

Yoyo Sudaryo, S. E., MM, A., Efi, N. A. S., R Adam Medidjati, S. E., & Hadiana, A. (2019). Metode Penelitian Survei Online dengan Google Forms. Yogyakarta: Penerbit Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/at-tajdid.v2i1.16432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Pascasarjana Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.94, Kp. Melayu, Kec. Sukajadi
Kota Pekanbaru, Riau 28122
email: musa.thahir@uin-suska.ac.id
 
Diindeks oleh:
 
 
Lisensi Creative Commons
At-Tajdid: Journal of Islamic Studies disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.