Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Membaca al-Qur’an di SMP Islam Kota Batam

Subur Subur, Agustiar Agustiar, Idris Idris

Abstract


Artikel ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan pembelajaran membaca al-Qur’an belum menunjukkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu, artikel ini memiliki tujuan untuk  mengetahui Implementasi metode Ummi dalam Pembelajaran membaca Al-Qur’an di SMP Islam Kota Batam dan mengetahui faktor-faktor Implementasi metode Ummi dalam Pembelajaran membaca Al-Qur’an di SMP Islam Kota Batam. Jenis penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Data-data yang dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan empat langkah, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan dan verifikasi. Artikel ini menghasilkan dua point penting, yaitu: 1) implementasi metode ummi dalam Pembelajaran membaca Al-Qur’an di SMP Kota Batam  denga tiga tahap; a) Tahap Persiapan Implementasi metode ummi dalam Pembela jaran membaca Al-Qur’an di SMP Islam Kota Batam; b) Proses Pelaksanana Implementasi metode ummi dalam Pembelajaran membaca Al-Qur’an di SMP Islam Kota Batam dilaksanakan, Kegiatan pembukaan/Apersepsi, Keagiatan Klasikal/Penyampaian Materi, kegiatan evaluasi dan kegiatan Penutup; c) Proses evaluasi Implementasi metode ummi dalam Pembelajaran membaca Al-Qur’an di SMP Islam Kota Batam; dan 2) faktor pendukung dan penghambat Implementasi metode ummi dalam Pembelajaran membaca Al-Qur’an di SMP Islam Kota Batam. Adapun faktor pendukung sebagai berikut; a) kemampuan baca Al-Quran siswa; b) motivasi  siswa  membaca  Qur’an; c) media dan alat  peraga  yang digunakan. sedangkan faktor penghambat Implementasi metode ummi dalam Pembelajaran membaca Al-Qur’an di SMP Islam Kota Batam sebagai berikut; a) kualitas  menyerap  anak; b) kurangnya buku Ummi; c) waktu yang terbatas; c) median dan alat peraga yang digunakan.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, S.J. (2015). Cara Nabi Menyiapkan Generasi. Surabaya, Pustaka Elba.

Anisah, A. S. (2017). Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pembentukan karakter anak. Jurnal Pendidikan UNIGA, 5(1), 70-84.

Astuti, S. (2017). Supervisi akademik untuk meningkatkan kompetensi guru di SD Laboratorium UKSW. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 49-59.

HADI, S. (2018). PENERAPAN METODE TALAQQI DAN MURAJA’AH DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN PADA SISWA SMA RIYADHUSSHOLIHIIN PANDEGLANG (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri" Sultan Maulana Hasanuddin" Banten).

Hami, E., & Idris, M. (2015). Pengaruh Implementasi Kurikulum 2013 Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sman 1 Panca Lautang Sidrap. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 2(2).

Hardiyanti, R. (2017). Konsep Pendidikan Karakter Dalam Surat Maryam (Kajian Analitik QS Maryam 12-15). Jurnal TAUJIH, 10(02).

Hukmiyah, H. N. (2019). Sinergitas kinerja Guru PAI, Guru BK dan wali kelas dalam mengatasi kenakalan siswa di SMP Ta'miriyah Surabaya (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Masyhud, F., & Rahmawati, I. H. (2016). Rahasia sukses 3 hafizh qur’an cilik mengguncang dunia. Jakarta: Zikrul Hakim.

Padjrin, P. (2016). Pola Asuh Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Intelektualita: KeIslaman, Sosial Dan Sains, 5(1), 1-14.

Rustina, N. (2018). Konsep Hidayah Dalam al-Qur’an. FIKRATUNA: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 9(1).

Sajadi, D. (2019). Pendidikan karakter dalam perspektif Islam. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 16-34.

Sugiarto, A. P., Suyati, T., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor kedisiplinan belajar pada siswa kelas x smk larenda brebes. Mimbar Ilmu, 24(2), 232-238.

Sundari, F. (2017). Peran Guru Sebagai Pembelajar dalam Memotivasi Peserta Didik Usia SD.

Syafei, A., Natsir, N. F., & Jaenudin, M. (2020). Pengaruh Khatam Al-Qur’an dan Bimbingan Guru terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an di MTS Nurul Ihsan Cibinong Bogor. Jurnal Dirosah Islamiyah, 2(2), 131-150.

Syafi'i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115-123.

Thahir, A. (2016). Tinjauan Terhadap Kurikulum Sekolah Dasar Islam Terpadu Dalam Kerangka Filsafat Pendidikan Islam (Persfektif Integrasi Ilmu). LP2M UIN Raden Intan.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/atprj.v1i1.14469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Pascasarjana Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.94, Kp. Melayu, Kec. Sukajadi
Kota Pekanbaru, Riau 28122
email: musa.thahir@uin-suska.ac.id
 
Diindeks oleh:
 
 
Lisensi Creative Commons
At-Tajdid: Journal of Islamic Studies disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.