PERILAKU KEAGAMAAN REMAJA DI DESA TANJUNG KARANG KECAMATAN KAMPAR KIRI HULU KABUPATEN KAMPAR

Nadia Lisani, Khotimah Khotimah, Abdul Ghofur

Abstract


Penelitian ini membahas tentang Perilaku Keagamaan Remaja di Desa Tanjung Karang Kecamatan Kampar Kiri Hulu Kabupaten Kampar. Perilaku keagamaan remaja merupakan segala tindakan perbuatan atau ucapan yang dilakukan oleh remaja tersebut sedangkan perbuatan, tindakan atau ucapan akan ada kaitannya dengan agama, semua dilakukan karena adanya kepercayaan kepada Tuhan dengan ajaran, kebaktian dan kewajiban-kewajiban yang bertalian dengan kepercayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana bentuk perilaku keagamaan remaja di Desa Tanjung Karang. (2) untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku keagamaan remaja di Desa Tanjung Karang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif yang di sajikan dalam bentuk uraian kata-kata. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bentuk perilaku keagamaan remaja di Desa Tanjung Karang Kecamatan Kampar Kiri Hulu Kabupaten Kampar masih perlu di bimbing, seperti kurangnya rasa kedisiplinan terhadap diri sendiri, dan lalai dalam ketaatan beragama. (2) Faktor yang mempengaruhi perilaku keagamaan remaja yang ada di Desa Tanjung Karang yaitu (a) faktor internal, yang di pengaruhi oleh keluarga, (b) faktor eksternal. Yang di pengaruhi lingkungan sekolah, dan pengaruh media

Keywords


Perilaku keagamaan, remaja

Full Text:

PDF

References


Ancok, D., & Suroso, F. N. (1995). Psikologi Islami. Pustaka Pelajar.

Auri, S. (2019). Peran Orang Tua Dalam Pembinaan Ahklak Remaja. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.

Baihaqi, F. (2021). Dampak Game Online Terhadap Perilaku Keagamaan Remaja. Universitas Islam Negeri Sultan Thahah Saifuddin.

Daradjat, Z. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Bumi Aksara.

Fathkhurrahman. (2019). Pembinaan Akhlak Remaja Melalui Risma, Studi Pada Risma Al-Iman jln. Seruni Kelurahan Nusa Indah Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Hadjam, N. R. (2022). Majalah Gerbang. Suara Muhamadiyah.

Heriyansya, H. (2021). Perilaku Keagamaan Pada Masyarakat Suku Samendo. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Isnawati. (2015). Problematika Akhlak Remaja dan Upaya Mengatasinya di Desa Galesong Baru. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Prakoso, A. D. (2020). Penggunaan Aplikasi Tik Tok Dan Efeknya Terhadap Perilaku Keagamaan Remaja Islam Di Kelurahan Waydadi Baru. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Pujianto, D. (2018). Peran Orang Tua Dalam Membina Sikap Keagamaan Remaja. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.

Ramayulis. (2002). Psikologi Agama. Kalam Mulia.

Rosita, A. (2021). Pengaruh Peran Keluarga Terhadap Perilaku Keagamaan Remaja Bengkulu. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Sarwono, S. W. (2016). Psikologi Remaja. Rajawali Pers.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif. Alfabeta.

Sunaryo. (2004). Psikologi untuk Keperawatan. Kedokteran EGC.

Tim Penulis. (2023). Arsip Desa Tanjung Karang.

Zubaedi. (2016). Psikologi Agama dan Psikologi Islam. P.T. Kharisma Putra Utama.

Zuriah, N. (2009). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/trs.v15i2.28335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LPPM UIN SUSKA Riau Jl. H.R. Soebrantas KM. 15,5 Panam – Pekanbaru

 E-mail: imam.hanafi@uin-suska.ac.id

Creative Commons LicenseToleransi by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/toleransi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats