HAM DALAM PERBINCANGAN DUA AGAMA Islam dan Katolik

Muhammad Arif Sufyan, Khairiyah Khairiyah

Abstract


Penelitian ini membahas tentang Hak Asasi Manusia dalam perspektif Islam dan Katolik serta perbedaan dan persamaan di antara keduanya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka (library research) dengan pendekatan kualitatif, menggunakan metode perbandingan (comparative) dan memakai analisis data deskriptif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, dokumen, dan lain-lain. Peneliti meneliti judul ini karena ingin memperdalam pemahaman tentang konsep Hak Asasi Manusia dalam konteks agama, khususnya dalam perspektif Islam dan Katolik. Selain itu, peneliti juga ingin mengeksplorasi bagaimana perbedaan dan persamaan konsep Hak Asasi Manusia dalam kedua agama tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip-prinsip Hak Asasi Manusia telah terkandung dalam Al-Qur'an dan Hadis Nabi Muhammad SAW. Sedangkan dalam ajaran Katolik, Hak Asasi Manusia berasal dari akar agama dan Al-kitab yang memberikan tempat yang tinggi untuk martabat manusia. Namun, terdapat perbedaan mendasar antara konsep Hak Asasi Manusia dalam Islam dan Katolik yang diterima oleh masyarakat internasional. Hak Asasi Manusia dalam Islam didasarkan pada aktivitas manusia sebagai khalifah Allah, sedangkan dalam Katolik, didasarkan pada keyakinan bahwa setiap manusia diciptakan oleh Allah dengan martabat yang sama dan hak-hak inheren yang tidak dapat dicabut. Penelitian ini memberikan kontribusi untuk memperkaya pemahaman mengenai Hak Asasi Manusia dalam konteks agama dan memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai perspektif Islam dan Katolik tentang Hak Asasi Manusia

Keywords


HAM, Islam, Katolik

Full Text:

PDF

References


Abdhul, Yusuf. ‘Studi Pustaka: Pengertian, Tujuan dan Metode’. Deepublish Store, https://deepublishstore.com/bl og/studi-pustaka/, (Diakses pada tanggal 10 Januari 2023)

Ikhsan, M Alifudin. Fiqih Ham Dan Hak Kebebasan Beribadah Minoritas Dzimmi Di Indonesia. Vol 2 No 1. 2013.

Mifta Hurrodiah dan Muhammad Yasir, ‘Konsep Persaudaraan Dalam Islam Dan Kristen’, TOLERANSI: Media Komunikasi Umat Beragama, 13.2 (2021)

Moh Gufron, ‘Hak Asasi Manusia Dalam Perspektif Islam’, Jurnal Rontal Kelimuan PPKn, 3.1 (2017)

Nadia, Zunly. Perdamaian Dalam Keberagaman Ditinjau Dari Perspektif Al-Quran Dan Bible. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol 3 No 1. 2017.

Nasution, Aulia Rosa. Kebebasan Beragama Dalam Tinjauan Hak Asasi Manusia. Jurnal HAM. Vol 6 No 6. 2018.

Purwanto, Francis, Agnes Widanti, Suhardi Soetedjo, dan Agustine Murniati. Perjuangan Gereja Dalam Ham Dan Demokrasi. Yogyakarta : UAJY. 2010.

Sahayu, Wening. Teori Metodologi Penelitian. Yogyakarta. 2017.

Salim dan Syahrum. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Citapustaka Media. 2012.

Situmorang, Victorio H. Kebebasan Beragama Sebagai Bagian Dari Hak Asasi Manusia. Jurnal HAM. Vol 1 No 1. 2019.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Penerbit Alfabeta. 2019..

W. Gulo. Metodologi Penelitian. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia. 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/trs.v15i1.24510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LPPM UIN SUSKA Riau Jl. H.R. Soebrantas KM. 15,5 Panam – Pekanbaru

 E-mail: imam.hanafi@uin-suska.ac.id

Creative Commons LicenseToleransi by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/toleransi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats