PENANAMAN NILAI-NILAI TOLERANSI MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR

Vivi Tamaeka

Abstract


Reviu ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai toleransi yang dilakukan guru dalam menanamkan nilai-nilai toleransi melalui pendidikan karakter di Sekolah Dasar. Reviu ini fokus pada nilai-nilai toleransi melalui pendidikan karakter. Oleh karena itu, pembahasan ini memahami arti pentingnya nilai-nilai toleransi di Sekolah Dasar yang relevan dengan kondisi saat ini. Maksud dari tujuan ini adalah mengisi kekosongan di bidang penelitian berkaitan penanaman nilai-nilai toleransi melalui pendidiakn karakter di Sekolah Dasar. penelitian literatur ini terinspirasi dari makalah dan artikel penelitian yang telah dipublikasikan sebelumnya. Pertanyaan penelitian untuk pembahasan literatur ini adalah: “Bagaimana penanaman nilai-nilai toleransi melalui pendidikan karakter di Sekolah Dasar?”. Tujuan dari ulasan literatur ini adalah untuk mencari tahu variasi strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai toleransi melalui pendidikan karakter di Sekolah Dasar. Pentingnya penelitian dan pembahasan literatur ini tidak hanya untuk menyebarluaskan pemikiran yang berkaitan dengan penanaman nilai-nilai toleransi melalui pendidikan karakter di Sekolah Dasar. Namun, hasil dari pembahasan literatur ini diharapkan dapat diterima oleh komunitas ilmiah sebagian salah satu rujukan dan menjadi dasar untuk penelitian lebih lanjut. Selain itu, pembahasan literatur ini relevan untuk membantu guru Sekolah Dasar dalam melakukan penanaman nilai-nilai toleransi pada siswa. Sehingga menciptakan siswa-siswa yang berkarakter toleransi dan mencegah adanya kasus-kasus intoleransi.

Keywords


nilai-nilai toleransi, pendidikan karakter.

Full Text:

PDF

References


Afrida. (2020). Membangun Pendidikan Karakter Di Sekolah : Melalui Kearifan Lokal. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.

Andayani. (2021). RELEVANSI KONSEP NITENI, NIROKKE, NAMBAHI DARI AJARAN KI HAJAR DEWANTARA DALAM KONTEKS PEMBELAJARAN SAINS. Vol.9, 1–6.

Atmaja, I. M. D. (2020). Membangun Toleransi Melalui Pendidikan Multikultural. In Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha (Vol. 8, Issue 1, pp. 35–46). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/23548/14372

Ayu Suciartini, N. N. (2017). Urgensi Pendidikan Toleransi Dalam Wajah Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 12. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i1.88

Fithriyana. (2020). Strategi Guru Bk Dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi Peserta Didik. 6(2), 75–85.

Frimayanti, A. I. (2017). Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 240.

Mandayu, Y. Y. B. (2020). Pembentukan Karakter Toleransi Melalui Habituasi Sekolah. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 5(2), 31. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v5i2.1598

Rahayu, D. W., & Fitriyah, F. K. (2020). Pengaruh Sikap Toleransi terhadap Perilaku Agresif pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Surabaya. Jurnal Konseling Gusjigang, 6(2), 69–79.

Rahmawati, K., & Fatmawati, L. (2016). PENANAMAN KARAKTER TOLERANSI.

Sardjijo. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter terhadap Perilaku Belajar dan Sikap Toleransi Siswa SD di Kecamatan Aek Natas. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(1), 210–215. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i1.624

Sari;, N. K., & Puspita, L. D. (2019). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR. 2, 57–72.

Wardani, K. (2010). Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter Menurut Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. November, 8–10.

Yulianti. (2021). Penanaman Nilai Toleransi dan Keberagaman Suku Bangsa Siswa Sekolah Dasar melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 60–70.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/trs.v14i1.18231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LPPM UIN SUSKA Riau Jl. H.R. Soebrantas KM. 15,5 Panam – Pekanbaru

 E-mail: imam.hanafi@uin-suska.ac.id

Creative Commons LicenseToleransi by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/toleransi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats