PENGAYAAN MATERI MENGGUNAKAN METODE SNOWBALL TROWING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)

Y Yanto

Abstract


Pengayaan materi pembelajaran selalu menjadi alternatif dan solusi untuk memberikan pemahaman yang maksimal kepada siswa. Metode snowball trowing merupakan salah satu cara yang efektif untuk melakukan ini, karena metode ini mengandung unsur permainan yang sesuai dengan usia siswa sekolah dasar. Tujuan penelitian ini untuk melihat apakah penggunaan metode snowball trowing dalam pemberian pengayaan materi ajar pada mata pelajaran PKn mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan mengambil materi kebebasan berorganisasi dan dilakukan tindakan sebanyak 2 siklus diketahui bahwa hasil belajar siswa PKn siswa kelas V SDN 27 Bantan Air setelah disampaikan materi oleh guru sebelum dilakukan pengayaan materi menggunakan metode Snowball Trowing pada siklus I nilai rata-ratanya sebesar 67,97 dan pada siklus II sebesar 68,52 dan setelah dilakukan pengayaan materi menggunakan metode snowball trowing diperoleh nilai rata-rata pada siklus I sebesar 76,29 dan pada siklus II sebesar 78,68. Dampak penggunaan metode snowball trowing terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SDN 27 Bantan Air yaitu terjadi kenaikan antara sebelum tindakan dan sesudah tindakaan sebesar 8,32 point pada siklus I dan 10,16 pada siklus II. Artinya bahwa penerapan metode ini berdampak positif pada peningkatan hasil belajar siswa.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i1.5600

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter