MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA DENGAN MENERAPKAN METODE "ABACAKA KUBACA" PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Sri Minarni

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam rangka memberikan ketrampilan membaca permulaan bagi siswa kelas I SDN 27 Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis Tahun Ajaran 2017/2018. Selama ini cara yang digunakan untuk pembelajaran membaca belum menggunakan cara cepat, efektif dan menceriakan siswa. Untuk itu cara yang digunakan dalam tindakan kelas ini adalah cara cepat belajar membaca yang sudah terbukti sejak tahun 2013 dan ditindak lanjuti dengan metode yang sama pada tahun 2015. Cara baru belajar membaca cepat efektif dan ceria yang disebut "abacaka kubaca" ini penulis implementasikan pada semester ganjil kelas I tahun ajaran 2017/2018. Setelah dilakukan tindakan selama 2 siklus dengan 5 kali pertemuan ternyata dari 27 siswa hanya 1orang saja yang belum tuntas sisanya sudah tuntas. Nilai rata-rata kelas akhir pertemuan sebesar 75,96, Dimana sebelum adanya tindakan nilai rata-rata kelasnya hanya 41,46 pada awal masuk sekolah. Hal ini mengindikasikan bahwa cara baru membaca ini layak dimplementasikan pada kelas I Sekolah Dasar pada umumnya.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i1.5598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter