PROGRAM LITERASI MEMBACA 15 MENIT SEBELUM PELAJARAN DIMULAI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA DAN MENGHAFAL SURAH PENDEK

Siti Purwati

Abstract


Membaca dan memahami Al-Qur'an hukumnya wajib bagi umat islam, untuk itu penanaman budaya membaca dan menghafal surah pendek pilihan akan lebih baik jika dilakukan sedini mungkin. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam rangka mencari cara untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur'an bagi siswa kelas III SDN 15 Selat Baru Kecamatan Bantan Kabuppaten Bengkalis pada Tahun Ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa muslim sebanyak 18 orang.Pola yang diterapkan dalam penelitian ini adalah melalui pembiasaan dengan memanfaatkan program literasi yang ditetapkan sekolah yakni wajib membaca 15 menit sebelum pelajaran dimulai. Hasil penelitian menunjukkan dengan memanfaatkan waktu kurang lebih 1 bulan siswa mampu menghafal 3 surah pendek yakni Al- Asr, At-Takasur dan Al-Qori'ah dengan unsur penilaianya meliputi makhraj, tajwid, kelancaran dan jumlah ayat. Nilai rata-rata untuk hafalan surah tersebut secara berurutan yaitu sebesar 76,72, 74,72 dan 74,94 dengan tingkat ketuntasan sama yakni 88,89%. Artinya pola hafalan Al-Qur'an dengan memanfaatkan program literasi bsa dijadikan salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar membaca dan menghafal Al-Qur'an khususnya surah pendek pilihan.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i1.5597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter