UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BILANGAN DENGAN MENGGUNAKAN LEMBARAN LATIHAN TERBIMBING

Dessi Yasmita

Abstract


Pembelajaran matematika sekolah dasar sering menjadi hal yang menyulitkan bagi siswanya. Maka dari itu guru kelas idealnya selalu berupaya untuk mencari cara atau metodeyang tepat agar siswa lebih mudah memahami materi yang diajarkan. Latihan terbimbing adalah salah satu cara yang cukup efektif membantu siswa dalam memahami materi ajar matematika. Selain itu cara ini juga dapat membangun komunikasi efektif antara guru dengan siswa. Penelitian ini merupakan upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 27 Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis Tahun Ajaran 2017/2018 dalam memahami materi perkalian dan pembagian bilangan dengan alat bantu lembar latihan terbimbing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada siklus pertama 74,03 dan 76,00 dengan tingkat ketuntasan 77,78% dan 80,56%. Hasil penelitian siklus kedua nilai rata-ratanya adalah 72,39 dan 73,19  dengan tingkat ketuntasan 80,58% dan 83,33%. Dan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Hal ini berarti bahwa penggunaan lembar latihan terbimbing utuk materi perkalian dan pembagian bilangan layak dan baik untuk diterapkan.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i1.5596

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter