PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

D Diana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan hipotesis yakni dengan menggunakan pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Problem Solfing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Tata Busana SMKN 1 Siak. Kemudian juga mencari jawaban dari rumusan masalah ”apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Tata Busana SMKN 1 Siak”, Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada kelas X Tata Busana SMKN 1 Siak tahun ajaran 2014-2015 pada pokok bahasan Struktur Jaringan Tumbuhan. Pelaksanaan tindakan dilakukan dengan 2 siklus yang terdiri dari 6 kali pertemuan dan setiap pertemuan terdiri dari 2 jam pembelajaran yaitu 2 x 45 menit. Pada setiap pertemuan ada 2 orang observer yang melaksanakan observasi terhadap aktivitas siswa dan aktivitas guru dengan menggunakan lembaran observasi selama proses pembelajaran berlangsung. Pada setiap akhir pertemuan dilakukan kuis (pos-test) dan setiap selesai satu siklus diadakan ulangan harian (UH) dengan 1 x 45 menit. Hasilnya dianalisis untuk mendapatkan penghargaan kelompok dan sebagai bentuk penghargaan diberi hadiah berupa pena, buku tulis dan penghapus, pensil secara bergantian. Penelitian Tindakan Kelas ini menghasilkan (1) Daya  serap siswa terhadap pokok bahasan Struktur Jaringan Tumbuhan melalui penerapan Pembelajaran  Kooperatif dengan Pendekatan Problem solving meningkat, pada Siklus I adalah 70,37 % dikategorikan baik dan Siklus II adalah 88,88 % dikategorikan amat baik; (2) Ketuntasan belajar klasikal siswa meningkat, Siklus I adalah 70,37 % dan Siklus II 88,88%; (3) Aktifitas siswa meningkat, Siklus I rata-rata 67,08% dikategorikan kurang, Siklus II rata-rata 77,47% dikategorikan baik; (4) Aktifitas guru pada Siklus I dikategorikan baik yaitu 89,73% %, pada Siklus II dikategorikan baik sekali yaitu 100%. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan Problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktifitas siswa dan  aktifitas guru.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i1.5595

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter