MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD BAGI PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA
Abstract
Peserta didik tunagrahita memiliki hambatan pada aspek inteligensi, yakni mereka memiliki tingkat IQ dibawah anak normal seusianya. Hal ini berdampak pada rendahnya prestasi belajar yang mereka peroleh di sekolah, terutama pada mata pelajaran IPA materianggota tubuhdan cara merawatnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik tunagrahita pada pelajaran IPA materi anggota tubuh dan cara merawatnya dengan menggunakan media pembelajaran flashcard sebagai alat bantu pelajaran. Penelitian dilakukan di SLB Negeri Bengkalis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus pembelajaran. Subyek penelitian adalah peserta didik tunagrahita kelas I tingkat dasar sebanyak 5 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan dianalisis menggunakan analisis statistic deskriptif sederhana. Hasil penelitian menujukkan bahwa pada saat prasiklus rerata peroleha nilai peserta didik adalah sebesar 30. Setelah mendapatkan perlakuan melalui media pembelajaran flashcard perolehan rerata nilai peserta didik menigkat menjadi 56 dan masih dibawah nilai KKM sehingga dilanjutkan dengan siklus II dan mendapat rerata nilai 74 dan sudah mencapai target KKM IPA yakni sebesar 68 dengan ketuntasan pada semua peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran flashcard dapat meningkat prestasi belajar IPA materi anggota tubuh manusia untuk peserta didik tunagrahita kelas I SLB Negeri bengkalis.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i1.5594
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
indexed by :
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.