MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN CYCLE LEARNING SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh penulis terhadap siswa di Kelas VIII.9 ditemukan bahwa pembelajaran Bahasa Inggris di kelas masih monoton, metode yang digunakan guru dalam mengajar masih bersifat konvensional, belum ditemukan strategi pembelajaran yang tepat, dan rendahnya kualitas pembelajaran Bahasa Inggris, serta rendahnya hasil belajar siswa untuk mata pelajaran Bahasa Inggris. Berdasarkan hasil belajar dan observasi awal tentang nilai siswa di atas, maka penulis berusaha untuk meningkatkan minat siswa dan hasil belajar siswa melalui cara merubah strategi pembelajaran yang diterapkan di dalam kelas yang selama ini menggunakan strategi pembelajaran konvensional menjadi strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa. Kemudian penulis membaca buku strategi pembelajaran dan tertarik untuk menerapkan Strategi Pembelajaran Metode Cycle Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penulis melaksanakan metode ini dengan anggapan bahwa metode ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa bahasa inggris melalui strategi pembelajaran metode Cycle Learning siswa kelas VIII.9 SMP Negeri 13 Pekanbaru Tahun 2017. Hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Strategi Pembelajaran Metode Cycle Learning dapat meningkat, terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar siswa, dimana pada tes rata-rata hasil belajar siswa, dimana pada tes awal rata-rata hasil belajar siswa adalah 60,38, pada siklus I meningkatkan menjadi 72,69 kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 88,20. Terdapat penurunan jumlah siswa yang tidak tuntas, dimana pada tes awal jumlah siswa yang tidak tuntas mencapai 51,28%, pada siklus I menurun menjadi 46,16% kemudian pada siklus II menurun lagi menjadi 10,26% dengan kata lain hanya 4 siswa saja yang memperoleh nilai 80 kebawah dan selebihnya (35) siswa memperoleh nilai ≥ 80. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan 2 siklus Subjek pada penelitian ini adalah siswa Kelas VIII.9 semester 2 Tahun Pelajaran 2017/1018 di SMP Negeri 13 pekanbaru dengan jumlah siswa sebanyak 39 orang, terdiri dari 14 orang siswa perempuan dan 25 orang siswa laki-laki. Sumber data dalam penelitian ini adalah berupa hasil belajar sisw, aktivitas belajar siswa serta nilai kelompok pada siswa.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i1.5593
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.