PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MEMPERCEPAT SISWA PANDAI MEMBACA DAN MENULIS DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN PENGGUNAAN ALAT PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Yenni Harmis

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di kelas IA SD Negeri 013 Pintu Gobang Kari Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi dengan jumlah siswa sebanyak 21 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk membuat siswa cepat dan pandai dalam membaca dan menulis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan untuk meningkatkan minat belajar siswa tentang materi pengurangan pada mata pelajaran Matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklusnya dilakukan beberapa tahapan, yaitu perencanaan perbaikan, pelaksanaan perbaikan, pengamatan dan refleksi. Dari penelitian yang dilakukan terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah pengunaan media gambar terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia dan setelah penggunaan alat pada mata pelajaran Matematika juga meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari bertambahnya jumlah siswa yang tuntas dari siklus I ke siklus II. Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, pada siklus I hanya 11 siswa yang tuntas dari 21 siswa atau sekitar 52,4% sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan dimana siswa yang tuntas 18 siswa dari 21 siswa atau sekitar 85,6%. Pada mata pelajaran Matenatika, pada siklus I hanya 11 siswa yang tuntas dari 21 siswa atau sekitar 52,4% sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan dimana siswa yang tuntas 17 siswa dari 21 siswa atau sekitar 80,9%.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i1.5590

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter