MOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN PADA PELAJARAN MATEMATIKA DAN BAHASA INDONESIA

T Tugimin

Abstract


Motivasi merupakan dorongan untuk memenuhi atau memuaskan kebutuhan agar tetap hidup. Dalam penelitian ini, motivasi yang dimaksud adalah motivasi siswa dalam pembelajaran supaya seseorang dapat melakukan intervensi dalam pengajaran yang tepat dalam proses pembelajaran. Penelitian yang dilaksanakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dimana jenis dari penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang mana tiap-tiap siklus dilakukan beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 014 Giri Sako Kecamatan Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi. Adapun hasil dari penelitian yang dilakukan adalah dengan memotivasi dapat membantu siswa dalam menguasai atau memahami pelajaran dengan cepat yang disampaikan guru, ini dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa. Berdasarkan pengolahan data persiklus maka dapat digambarkan dengan ketuntasan pada mata pelajaran matematika secara klasikal yaitu pada siklus I siswa yang tuntas ada 4 siswa dari 10 siswa (40%) dan pada siklus II meningkat dimana siswa yang tuntas ada 9 siswa dari 10 siswa (90%). Ketuntasan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia secara klasikal yaitu pada siklus I siswa yang tuntas ada 4 siswa dari 10 siswa (40%) dan pada siklus II terjadi peningkatan dimana siswa yang tuntas ada 9 siswa dari 10 siswa (90%).


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i1.5588

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter