PENGGUNAAN KERANGKA KARANGAN FORMAL PADA PELAJARAN MENULIS DAN PENGGUNAAN METODE DEMONSTRSI UNTUK MENERAPKAN KONSEP PECAHAN

R Rugaya

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika kelas IV SDN 002 Lubuk Ambacang Kecamatan Hulu Kuantan Kabupaten kuantan Singingi yang berjumlah 22 siswa. Metode menggunakan kerangka formal adalah metode yang digunakan dalam perbaikan pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis dan pada perbaikan pembelajaran Matematika meteri konsep pecahan menggunakan metode demonstrasi. Penggunaan metode tersebut untuk masing-masing perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus menunjukkan ada peningkatan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa hasil perbaikan pada siklus I mata pelajaran Bahasa Indonesia, sebelum dilakukan perbaikan ketuntasan belajar siswa hanya 45,45%, setelah dilalukan perbaikan naik menjadi 86,36%, nilai rata-rata kelas dari 57,04 menjadi 68,18. Hasil perbaikan pembelajaran siklus II,  sebelumnya pada siklus I ketuntasan belajar siswa 86,36%, setelah itu naik menjadi 100% dari 22 orang siswa kelas IV, nilai rata-rata kelas dari 68,18 menjadi 76,13. Hasil perbaikan pada siklus I mata pelajaran Matematika, sebelum dilakukan perbaikan ketuntasan belajar siswa dari 22 siswa 15 siswa dibawah ketuntasan belajar siswa hanya 31,81%, setelah dilalukan perbaikan naik menjadi 63,63%, nilai rata-rata kelas dari 53,40 menjadi 65,00. Hasil perbaikan pembelajaran siklus II,  sebelumnya pada siklus I ketuntasan belajar siswa 63,63%, setelah itu naik menjadi 90,90% dari 22 orang siswa kelas IV, nilai rata-rata kelas dari 65,00 menjadi 70,68. Dengan demikian dapat diartikan bahwa teknik mengarang dan metode yang diterapkan pada pembelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika sangat efektif untuk meningkatkan minat dan meningkatkan prestasi siswa kelas IV SDN 002 Lubuk Ambacang


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i1.5587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter