PENGGUNAAN METODE KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Netti Dewita

Abstract


Kondisi hasil belajar Matematika di kelas VI SD Negeri 015 Giri Sako Kecamatan Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi masih rendah maka perlu dilakukan sebuah perbaikan pembelajaran. Perbaikan pembelajaran dilaksanakan dalam bentuk penelitian tindakan kelas (PTK). Perbaikan pembelajaran pada tanggal 12 September 2011 sampai dengan 17 September 2011. Perbaikan pembelajaran ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui keberhasilan materi pembelajaran yang diajarkan melalui penggunaan metoda kooperatif. Setelah diterapkan metoda pembelajaran tersebut terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika, hal ini dapat dilihat dari jumlah siswa yang tuntas dalam pembelajaran. Pada siklus I dari 22 jumlah siswa, 8 siswa (36,36%) yang tuntas pada data awal menjadi 14 siswa (63,63%) siswa yang tuntas. Pada siklus II dari 22 jumlah siswa, 14 siswa (63,63%) yang tuntas pada siklus I menjadi 21siswa (95,45%) siswa yang tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara umum peran guru untuk membrdayakan siswa dengan menggunakan metode kooperatif dalam menyampaikan materi pelajaran matematika sangat baik dan bisa dibilang berhasil.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i1.5585

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter