PENGGUNAAN MEDIA DAN METODE BERVARIASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DAN IPS

A Afrida

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di kelas VI SD Negeri 013 Pintu Gobang Kari Kecamatan Kuantan Tengah pada mata plajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan perbaikan atas proses pembelajaran sehingga tercapainya ketuntasan belajar baik secara individual maupun klasikal yaitu dengan dilaksanakannya penerapan pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan hasil belajar Matematika dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran melalui metode penelitian tindakan kelas dua siklus maka tujuan dari penelitian ini bisa tercapai. Hasil belajar siswa menjadi meningkat dari sebelum dilakukan perbaikan pembelajaran. Dari data yang diperoleh selama penelitian dapat dilihat bahwa pada siklus I penguasaan siswa pada mata pelajaran matematika masih sangat rendah karena 20 siswa diantara 32 siswa mendapat nilai dibawah standar. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran, penguasaan atas materi soal mulai menampakkan hasil yang meningkat, dimana siswa yang mendapatkan nilai rata-rata dibawah standar hanya 9 siswa. Tingkat penguasaan siswa telah mencapai 71,87% dan cukup memuaskan. Pada pelajaran IPS dengan materi globalisasi juga memperliatkan keberhasilan. Pada siklus I siswa yang semula mendapat nilai dibawah standar sebanyak 14 orang dari 32 siswa turun menjadi 6 siswa pada siklus II. Tingkat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran sudah mencapai 84,37%.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i1.5584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter