UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Bentuk penelitian yang dilakukan pada penelitin ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilaksanaka di kelas IV SDN 026 Pulau Godang Kari Kecamatan Kuantan Tengah pada semester genap. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 026 Pulau Godang Kari Kecamatan Kuantan Tengah melalui model pembelajaran generatif. Dari pengamatan yang dilakukan dalam dua siklus perbaikan pembelajaran dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran generatif ini berhasil atau menunjukkan hasil yang positif bagi hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari analisis data tentang ketrcapaian KKM bahwa terjadi peningkatana jumlah siswa yang mencapai KKM pada ulangan harian II dibandingkan ulangan harian I dan dari persentase hasil belajar siswa sudah menunjukkan peningkatan persentase jumlah siswa yang mencapai indikator pada skor dasar adalah 54,54% sedangkan persentase jumlah siswa yang mencapai indikator pada ulangan I adalah 59,09%, hal ini berarti meningkat 4,55%. Pada ulangan harian II persentase jumlah siswa yang mencapai indikator adalah 81,81%, hal ini berarti meningkat bila dibandingkan dengan ulangan harian I sebanyak 22,72%.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i1.5582
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.