PENGGUNAAN METODE KOOPERATIF DAN DEMONSTRASI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

S Sumiyarti

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN No. 015 Giri Sako Kecamatan Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi pada mata pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa terhadap materi pembelajaran model kooperatif pada mata pelajaran Matematika dan untuk meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran menulis prosa sederhana melalui penggunaan metode pembelajaran model ceramah dan demonstrasi serta memperbanyak memberikan contoh dan latihan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang mana tiap-tiap siklus dilakukan beberapa tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dari penelitian yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan, antara lain: 1) Persentas kategori ketuntasan belajar siswa meningkat setelah penggunaan metode kooperatif pada pembelajaran Matematika dan penggunaan metode ceramah dan demonstrasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia. 2) Metoda kooperatif dapat membuat siswa saling membantu antara siswa yang berprestasi dengan siswa yang kurang berprestasi. 3) Metoda kooperatif dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses berfikir dan dalam kegiatan pembelajaran. 4)Dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia, metode demonstrasi berhasil dalam materi menulis prosa sederhana pada siswa. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya persentase hasil belajar siswa.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i1.5581

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter