MENINGKATKAN PENGUASAAN SISWA TERHADAP MATERI PELAJARAN MATEMATIKA DAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 011 Air Emas Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi pada kelas VI dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Sosial sehingga siswa mampu mencapai nilai ketuntasan belajar individual 6,5 dan nilai ketuntasan belajar secara kelompok mencapai 85% melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga siklus. Pada penelitian ini diterapkan model pembelajaran kooperatif. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran koopratif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini terbukti dengan perbandingan ketuntasan belajar pada siklus I mata pelajaran Matematika yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif hanya sebesar 53% sedangkan pada siklus II yang menggunakan model pembelajaran kooperatif meningkat menjadi 75% dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 86%. Hal demikian juga terjadi pada mata pelajarab Ilmu Pengetahuan Sosial, dimana ketuntasan belajar pada siklus I mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif hanya sebesar 64% sedangkan pada siklus II yang menggunakan model pembelajaran kooperatif meningkat menjadi 80% dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 89%.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i1.5580
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.