PENGGUNAAN ALAT PERAGA DAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DAN IPS

S Syafrion

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan pada kelas V SD Negeri 018 Muara Langsat Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi karena tingkat hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika dan IPS masih tergolong rendah, hal ini disebabkan karena guru hanya aktif memberikan informasi saja dan kurang memberi kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi dengan siswa lain sehingga siswa kurang berpartisipasi dalam bertanya, menjawab pertanyaan dan mengemukakan pendapat. Melihat hal tersebut maka perlu dilakukan sebuah penelitian dalam bentuk penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan yang dimiliki siswa dalm pelajaran Matematika dan IPS, untuk mengetahui prestasi belajar siswa setelah diterapkan penggunaan alat peraga dan media pembelajaran yang relevan pada pelajaran Matematika dan IPS, dan untuk mengetahui perubahan prestasi siswa setelah menggunakan media pembelajaran. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga dan media pembelajaran pada pelajaran Matematika dalam pokok bahasan perkalian dan pembagian pecahan dan pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan para tokoh kemerdekaan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti pada siklus I pada pembelajaran Matematika siswa yang berhasil menuntaskan pembelajaran adalah 25 oarang atau sekitar 80,6% dan pada siklus II pada pembelajaran Matematika siswa yang berhasil menuntaskan pembelajaran adalah 28 orang atau sekitar 90,3%. Sedangkan pada pembelajaran IPS, siklus I siswa yang berhasil menuntaskan pembelajaran adalah 23 orang atau sekitar 74,2% dan pada siklus II pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa yang berhasil menuntaskan pembelajaran adalah 29 orang atau sekitar 95,3%.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i1.5578

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter