UPAYA PENINGKATAN HASIL PELAJAR SAINS DAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DAN PENUGASAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan aktivitas termotivasinya siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar yang disampaikan guru serta pengaruhnya terhadap perolehan nilai dengan menggunakan metode eksperimen dan metode penugasan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Siklus I merupakan pembelajaran sebelum dilakukan perbaikan, siklus II merupakan perbaikan pembelajaran pertama. Penelitian di dilaksanakan di kelas IV SDN 001 Teluk Beringin Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh pada pelajaran Sains, siklus I siswa yang mencapai nilai ketuntasan hanya 51,72%, pada siklus II siswa yang mencapai nilai ketuntasan adalah 82,75%. Pada pelajaran IPS, siklus I siswa yang mencapai nilai ketuntasan hanya 62,06%, pada siklus II siswa yang mencapai nilai ketuntasan adalah 86,20%. Artinya hasil belajar siswa pada kedua mata pelajaran tersebut mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus II sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian teknik belajar dengan metode eksperimen dan metode penugasan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains dan IPS.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i1.5483
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.