METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN IPS DENGAN PENEMUAN KEMBALI DAN PENGAMATAN KERJA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Rinda Sutri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran dengan metode penemuan kembali pada mata pelajaran Matematika dan metode pengamatan dan kerja kelompok pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) di kelas IV SD Negeri 026 Pulau Godang Kari Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II, yang mana tiap-tiap siklus ini dilakukan beberapa tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan Pada mata pelajaran Matematika 1) Pembelajaran Matematika dengan metode penemuan kembali dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. 2) Motivasi belajar Matematika siswa mengalami peningkatan pada setiap indikator. 3) Sebagai pemotivasi siswa agar dapat tetap tertarik terhadap materi pelajaran, dapat dilakukan melalui penggunaan alat peraga saat penyajian materi pelajaran. Sedangakan pada mata pelajaran IPS adalah 1) Untuk mningkatkan motivasi belajar IPS dan keaktifan siswa dapat dilakukan melalui penggunaan metoda pengamatan dan kerja kelompok. 2) Pada saat penyajian materi pelajaran tentang koperasi guru menggunakan alat peraga atau media pembelajaran seperti lambang koperasi. 3) Motivasi belajar IPS siswa mengalami peningkatan pada setiap siklus atau setiap indikator.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i1.5482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter