TEKNIK PENGURANGAN BERULANG UNTUK MENERAPKAN KONSEP PEMBAGIAN DAN PENGGUNAAN DENAH LOKASI SEBAGAI PENDEKATAN UNTUK MEMBACA PETA

A Asmiati

Abstract


Pada pelajaran Matematika penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep pembagian dengan menggunakan teknik pengurangan berulang sedangkan pada mata pelajaran IPS penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam mempelajari peta dengan penggunaan peta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di kelas III SD Negeri 002 Lubuk Ambacang Kecamatan Hulu Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II dengan beberapa tahapan, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik pengurangan pada konsep pembagian di pelajaran Matematika dan penggunaan denah untuk membaca peta di pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dapat dikatakan berhasil karena hasil belajar siswa mengalami peningkatan secara bertahap dari siklus I ke siklus II pada mata pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Sosial.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i1.5481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter