PENGGUNAAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH DASAR

Netti Helmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi pembelajaran berhitung dan mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi pembelajaran membaca. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) di kelas I SDN 009 Sungai Sirih Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus, yaitu siklus I, siklus II dan siklus III, yang mana tiap-tiap siklus ini dilakukan beberapa tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa 1) Keberhasilan siswa dalam pemahaman dan penguasaan materi pembelajaran sangat tergantung pada metode pembelajaran yang digunakan. 2) Penggunaan alat peraga yang menarik dan efektif sangat mendukung untuk menumbuhkan minat dan memotivasi siswa dalam pembelajaran. 3) Keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat perlu dilatih sejak dini, salah satunya adalah dengan melalui diskusi..


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i4.4883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter