PENGGUNAAN METODE DEMONTRASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DALAM PEMBELAJARAN IPA DAN IPS SISWA SEKOLAH DASAR

Neng Elita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman hasil belajar siswa pada pelajaran IPA dan IPS di kelas I SDN 004 Koto Kombu Kecamatan Hulu Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi Tahun Ajaran 2008-2009. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, yaitu siklus I, siklus II, yang mana tiap-tiap siklus ini dilakukan beberapa tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa 1) Perbaikan pembelajaran ternyata dapat menimbulkan minat belajar dan aktifitas belajar siswa lebih meningkat sehingga pembelajaran dapat berhasil dengan baik. 2) Pemilihan metode demonstrasi yang relevan dengan materi serta penggunaan media dan alat peraga yang sesuai sangat menguntungkan baik bagi guru maupun bagi siswa didalam kegiatan pembelajaran sehingga kriteria ketuntasan miniml yang ditetapkan dapat dicapai dengan persentase yang tinggi.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i4.4882

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter