PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

Nursinar Nursinar

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan karena hasil belajar Matematika siswa kelas VI-D yang menurun. Hanya 61.8% yang mencapai KKM pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa matematika siswa kelas VI-D SD Negeri 010 Ratu Sima Dumai Selatan Tahun Ajaran 2016/2017 dengan menggunakan metode diskusi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan pada bulan Agustus 2016 sampai September 2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI-D, yang berjumlah 34 orang siswa. Dalam penelitian ini digunakan metode diskusi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melaksanakan kuis setiap akhir siklus.dan teknik analisis data deskriptif. Hasil analisis deskriptif tentang hasil belajar siswa dilakukan sebanyak 2 siklus dengan 4 pertemuan. Hasil belajar sebelum PTK adalah 72.1, setelah PTK pada siklus 1 sebesar 81.9, siklus 2 sebesar 85.5, terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebelum PTK ke siklus 1 sebesar 9.8, pada siklus 2 meningkat sebesar 3.6. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas VI-D SD Negeri 010 Ratu Sima Dumai Selatan Tahun Ajaran 2016/2017.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i4.4852

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter