PENERAPAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa kelas VI-A SD Negeri 010 Ratu Sima Dumai Selatan tahun pelajaran 2016/2017 setelah penerapan metode Student Teams Achievement Division (STAD) dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada bulan September sampai Oktober 2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI-A SD Negeri 010 Ratu Sima Dumai Selatan yang berjumlah 33 orang siswa yaitu 18 orang siswa putra dan 15 orang siswa putri. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Hasil analisis data deskritif tentang hasil belajar siswa sebelum PTK yaitu 73.0. Setelah PTK pada siklus I sebesar 83.3. Pada siklus II sebesar 87.6. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Student Teams Achievement Division (STAD) dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas VI-A SD Negeri 010 Ratu Sima Dumai Selatan tahun pelajaran 2016/2017.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i4.4850
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.