PENGGUNAAN ALAT PERAGA DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN SAINS

Marnis Marnis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak penggunaan media atau alat peraga tehadap hasil pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) di kelas IV SD Negeri 022 Rantau Sialang Kecamatan Kuantan Mudik. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II, yang mana tiap-tiap siklus ini dilakukan beberapa tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga akan meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan sains.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i2.3612

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter