ANALISA ITEM ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SEKOLAH DASAR GUGUS I KECAMATAN SINGINGI HILIR

Edi Wanto

Abstract


Masalah utama yang diteliti dalam penelitian ini adalah menganalisa item Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas V semester I pada SD Gugus I Kecamatan Singingi Hilir. Untuk menentukan taraf kesukaran dan daya beda setiap butir soal yang terdiri dari 35 soal. Adapun latar belakang masalahnya setiap semester dilaksanakan, siswa merasa kesulitas mengerjakan soal, dalam perumusan masalah perlu ditinjau apakah soal itu memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif yaitu bukan hanya mengumpulkan data saja tetapi disertai pengolahan, penafsiran serta mengambil keputusan secara induktif. Populasi dan sampel penelitian adalah siswa-siswa kelas V semester I pada SD Gugus I Kecamatan Singingi Hilir dengan sampel sebanyak 136 orang sedangkan metode statistik yang digunakan adalah Table Chung Teh Fan. Jadi dari 35 soal test ilmu pengetahuan sosial (IPS) semester I TP. 2003/2004 pada SD Gugus I Kecamatan Singingi Hilir ternyata hanya 27 item soal yang memenuhi syarat dan 8 item soal lainnya kurang memenuhi syarat, diantaranya 3 item soal yang kurang memenuhi daya beda, 1 butir soal termasuk kategori sangat mudah, 1 butir soal termasuk kategori, 1 butir sangat sukar dan kurang sekali daya bedanya dan 1 butir soal mempunyai nilai-nilai statistik diluar dari Table Chung Teh Fan


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i2.3611

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)

ISSN (2477-6351)

US/Indonesia Teacher Education Consortium (USINTEC) UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
 
 indexed by :
 Logo IPI
 

Creative Commons License
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter