PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN PECAHAN DAN PENGGUNAAN METODE DISKUSI DALAM MEMBUAT RINGKASAN CERITA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan aktifitas dan minat belajar siswa kelas IV SDN 001 Teluk Beringin pada mata pelajaran matematika dan bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang mana tiap-tiap siklus dilakukan beberapa tahapan, yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan refleksi. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pemahaman konsep bilangan pecahan pada pembelajaran matematika. Penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam membuat ringkasan cerita pada pembelajaran bahasa Indonesia.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i2.3609
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.