PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR- SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Salah satu tugas seorang guru adalah bagaimana bisa melakukan transfer knowledge dengan baik dan sempurna. Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair-Share merupakan salah satu metode yang mampu memberikan nuansa pembelajaran aktif dan kreatif bagi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum dilakukan tindakan dengan metode ini pada siklus pertama rata-rata 64,44 dan pada siklus kedua 68,89. Sementara setelah dilakukan tindakan siklus pertama rata-rata 72,22 dan pada siklus kedua 83,33. Artinya metode think pair share mampu memberikan perubahan kenaikan nilai sebesar 12,07% pada siklus pertama dan 20,96% pada siklus kedua.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i2.3604
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suara Guru: Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH)
ISSN (2477-6351)
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.